x

Reuni di Indonesia Masters 2023, Jones Ralfy Jansen Ungkap Alasan Pindah Warga Negara

Sabtu, 28 Januari 2023 15:10 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Jones Ralfy Jansen, pebulutangkis jebolan PB Djarum yang kini membela skuad Jerman.

INDOSPORT.COM - Hadir di Indonesia Masters 2023, pebulu tangkis Jones Ralfy Jansen mengungkap alasan mengapa ia pindah menjadi warga negara Jerman.

Diketahui, Jones Ralfy Jansen adalah atlet bulutangkis kelahiran Jakarta, 12 November 1992. Meski lahir di Indonesia, tetapi ia juga memiliki darah Jerman dari ayahnya.

Lahir dan besar di Indonesia, membuat Ralfy, sapaan akrabnya, jatuh cinta pada bulutangkis. Ia dan kakaknya, Cisita Joity Jansen akhirnya terpilih masuk PB Djarum. Ralfy pernah terpilih menjadi pemain terbaik di PB Djarum pada tahun 2010.

Kala itu Ralfy meraih juara di dua nomor, yakni ganda putra dan ganda campuran, pada ajang Kejurnas 2010. Ia berpartner dengan Dandi Prabudita dan Cisita Joity.

Baca Juga

Namun, Cisita akhirnya memutuskan untuk mengikuti ayahnya untuk tinggal di Jerman. Seiring waktu, Jones Ralfy juga sudah lulus sekolah dan ia pun harus melanjutkan studi.

Dengan berbagai pertimbangan, Ralfy akhirnya memutuskan untuk menempuh pendidikan di Jerman. Hal itu ia ungkapkan usai bertanding di Indonesia Masters 2023.

Baca Juga

"Waktu itu mau melanjutkan studi sih sebenarnya, kebetulan Cici juga sudah di Jerman," ungkap Jones Ralfy kepada eks pebulu tangkis nasional, Andrei Adistia.

"Terus karena mau melanjutkan studi, jadi okelah, kita mau coba dunia lain," ujarnya. Namun, Ralfy justru tak bisa meninggalkan dunia bulutangkis. Ia tetap berlatih rutin.

Ketika aktif bermain bulutangkis di Jerman, aksi Ralfy pun mencuri perhatian, sehingga pihak federasi memintanya untuk jadi atlet Pelatnas.

Baca Juga

1. Jones Ralfy Jansen Berjuang untuk Bulutangkis Jerman

Jones Ralfy Jones saat juara di Ukraine Open 2022 bersama Linda Efner.

Ketika Jones Ralfy Jansen diminta untuk pindah warga negara dan membela Timnas Bulutangkis Jerman, Ralfy mengaku tidak langsung menerima tawaran tersebut.

Namun, setelah berpikir dan meminta pertimbangan keluarga, Ralfy akhirnya memutuskan untuk menerima tawaran itu, dan kini ia resmi memiliki paspor Jerman.

"Jadi, 2015 ditawarin, tapi enggak langsung bilang iya. Tahun 2016, selama satu tahun itu pikir-pikir, akhirnya 2017 aku putusin buat pindah warga negara," jelasnya.

Saat ini, Ralfy menjadi pebulu tangkis ganda campuran di Jerman, berpasangan dengan Linda Efler. Keduanya mantap menduduki peringkat 25 ganda terbaik dunia.

Bahkan, Jones Ralfy Jansen/Linda Efler juga berpartisipasi di ajang Indonesia Masters 2023 yang sedang dihelat, meski mereka harus kandas di babak pertama.

Baca Juga

Ralfy mengaku bulutangkis Indonesia memang besar dan berharap suatu saat Jerman juga dapat menyusul kedigdayaan Merah Putih di cabang olahraga tepok bulu.

"Sementara ini sih (bulutangkis Jerman) lagi berkembang ya, dibilang sebesar Indonesia juga masih belum, tapi kita masih ke arah situlah," jelas Ralfy pada Andrei Adistia.

Baca Juga

"Mudah-mudahan bisa berkembang lebih cepat lagi," harap atlet 30 tahun tersebut.

Selanjutnya, Ralfy berharap bisa tembus ke ranking tertinggi ganda campuran dunia agar bisa bersaing di Olimpiade 2024.

Apalagi, Olimpiade 2024 akan dihelat di Eropa, tepatnya di Paris, Ralfy berharap ia dan Linda bisa mengukir prestasi di sana. "Target tahun 2023 pengen tembus top 20, mungkin kalau bisa top 15. Untuk kualifikasi olimpiade, kita mau fight banget," ujar Jones Ralfy Jansen.

Baca Juga
JermanIndonesia MastersPB DjarumBulutangkisJones Ralfy JansenBerita BulutangkisIndonesia Masters 2023Indonesian Masters 2023

Berita Terkini