x

Lee Zii Jia Was-was, Jawara Indonesia Masters Super 100 Punya Kans Gendong Malaysia di BAMTC

Sabtu, 4 Februari 2023 10:26 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Malaysia berencana merotasi pemain di turnamen Badminton Asia Mixed Team Championships 2023, di mana Lee Zii Jia rawan tergusur oleh jawara Indonesia Masters Super 100. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM – Malaysia berencana merotasi pemain di turnamen Badminton Asia Mixed Team Championships 2023. Ini membuka peluang jawara Indonesia Masters menggusur peluang Lee Zii Jia sebagai tunggal putra pertama.

Turnamen beregu paling bergengsi se-asia yakni Badminton Asia Mixed Team Championships 2023 hampir di depan mata. Ajang ini akan digelar di Dubai, Uni Emirat Arab, 14-19 Februari 2023.

Malaysia yang berstatus sebagai unggulan keempat di ajang ini tergabung di Grup B bersama dengan India, Kazakhstan, dan tuan rumah Uni Emirat Arab.

Menyandang status salah satu favorit juara, Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM), sudah mengumumkan skuad terbaik yang dihuni sejumlah pemain papan atas.

Di antaranya ada tunggal putra independen, Lee Zii Jia, yang diyakini akan menjadi tulang punggung Negeri Jiran mengingat peringkatnya paling tinggi di antara pemain lain.

Baca Juga

Namun secara mengejutkan, Wong Choong Hann, selaku direktur kepelatihan tunggal BAM, menyatakan pihaknya akan merotasi pemain sehingga beban Lee Zii Jia berkurang.

Sebagai alternatif, Wong Choong Hann ingin menjajal kemampuan Leong Jun Hao yang merupakan peraih gelar Indonesia Masters Super 100 tahun lalu.

Baca Juga

“Kami akan membahas ini lebih rinci menjelang kompetisi, kami akan membandingkan kondisi para pemain dan menilai tingkat kepercayaaan diri mereka di pertandingan tertentu,” ujar Wong Choong Han dilansir dari The Star.

“Kamu sedikit tahu siapa yang akan kami hadapi, tetapi di saat yang sama, kami tidak akan membocorkan banyak hal soal itu,” tandasnya.

BAM sendiri belum bisa memutuskan siapa di antara Lee Zii Jia atau Leong Jun Hao yang akan jadi pilihan pertama. Pasalnya, kedua pemain tengah mengalami penurunan performa belakangan ini.

Baca Juga

1. Sektor Tunggal Putra Malaysia Masih Buntu

Leong Jun Hao, juara Indonesia Masters Super 100 tahun lalu. Foto: Robertus Pudyanto/Getty Images.

Wong Choong Hann berharap pemusatan latihan selama sepekan ke depan bisa membantu Lee Zii Jia dan Leong Jung Hao meningkat secara performa, terutama dalam hal kontrol dan taktik shuttlecock.

“Saya pikir sekarang masalahnya adalah perubahan taktik keduanya yang tidak berjalan mulus. Ada banyak celah dan celah itu dimanfaatkan oleh lawan untuk merebut poin. Ini hal yang sedang kami kerjakan,” terang Wong Choong Hann.

Lee Zii Jia diketahui masih kesulitan di awal musim 2023. Dia kandas di babak awal Malaysia Open, India Open dan Indonesia Masters yang digelar beberapa pekan lalu.

Senasib dengan Lee Zii Jia, Leong Jun Hao juga mengalami penurunan performa. Bahkan, dia langsung kandas di babak kualifikasi Thailand Masters 2023, kalah 22-24, 19-21 dari rekan senegara, Yeoh Seong Zoe.

Bukan tidak mungkin Leong Jun Hao yang merupakan anggota pelatnas BAM lebih diprioritaskan untuk diandalkan di Badminton Asia Mixed Team Championships alias BAMTC.

Baca Juga

Dengan catatan, Leong Jun Hao mampu menunjukkan progres pada penampilannya dan unggul dari Lee Zii Jia di penilaian akhir.

Di BAMTC 2023, Malaysia juga akan mengandalkan juara dunia ganda putra Aaron Chia/Soh Wooi Yik, ganda putri Pearly Tan/M. Thinaah dan ganda campuran independen Tan Kian Meng/Lai Pei Jing.

Baca Juga

India diprediksi akan menjadi ancaman serius bagi Malaysia di Grup B. Namun, Wong Choong Hann yakin bahwa timnya bisa keluar dari tekanan di lapangan di Dubai nanti.

“Kami akan mengambil langkah demi langkah karena meskipun kami kalah dari India, kami masih memiliki peluang untuk mengalahkan yang lain,” tukas Choong Han.

“Kami hanya harus tetap fokus dan bekerja keras di setiap pertandingan karena itulah cara terbaik untuk melakukannya,” pungkasnya.

Baca Juga

Sumber: The Star

MalaysiaBulutangkisAsosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM)Lee Zii JiaBerita BulutangkisLeong Jun HaoWong Choong HannIndonesia Masters Super 100Badminton Asia Mixed Team Championship

Berita Terkini