x

Bukan Ganda Indonesia, All England 2023 Jagokan Negara Ini Untuk Raih Juara

Sabtu, 25 Februari 2023 12:35 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Indra Citra Sena
Jelang dihelatnya turnamen tertua bulutangkis, admin Instagram All England tak jagokan ganda putri Indonesia untuk meraih juara melainkan negara ini.

INDOSPORT.COM – Jelang dihelatnya turnamen tertua bulutangkis, admin Instagram All England tak jagokan ganda putri Indonesia untuk meraih juara melainkan negara ini.

All England 2023 merupakan turnamen bulutangkis level super 1000 yang dijadwalkan dihelat pada 14-19 Maret mendatang di Birmingham Arena, Inggris.

Tim bulutangkis Indonesia sendiri menurunkan skuad terbaik di All England 2023 seperti Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto hingga Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Meski menjadi salah satu tim favorit, akun Instagram resmi All England secara terang-terangan memfavoritkan tim Jepang untuk menjadi juara di sektor ganda putri.

“Jepang telah mendominasi sektor ganda putri dengan tiga pasangan berbeda yakni memenangkan tiga Kejuaraan All England terakhir,” tulis akun resmi All England.

Baca Juga

“Pertanyaan hari ini: Bisakah pasangan Jepang lainnya melakukannya lagi?” sambungnya.

Ya, dalam tiga edisi terakhir All England, sektor ganda putri disapu bersih tim Jepang. Yakni, Yuki Fukushima/Saya Hirota (2020), Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara (2021), Nami Matsuyama/Chiharu Shida (2022).

Baca Juga

Namun, ganda putri Jepang juga dalam performa yang kurang baik dalam tiga turnamen terakhir di awal musim 2023. Satu-satunya gelar yang berhasil diraih adalah pada India Open 2023.

Yakni, Nami Matsuyama/Chiharu Shida tampil sebagai juara usai ganda putri China yakni Chen Qingchen/Jia Yifan terpaksa mundur karena masalah kesehatan.

Sementara itu, pada edisi 2023, ganda putri Indonesia hanya menurunkan satu pemain terbaiknya yakni Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Baca Juga

1. WD Jepang Mendominasi

Yuki Fukushima/Sayaka Hirota berhasil menjuarai sektor ganda putri Indonesia Open 2019 usai mengalahkan rekan senegaranya Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi 21-16 dan 21-18 pada babak final di Istora Senayan, Minggu (21/07/19). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Ganda putri Jepang sempat menjadi momok menakutkan dalam beberapa kejuaraan bulutangkis pada beberapa edisi All England ke belakang.

Bagaimana tidak, dalam edisi All England sepuluh tahun terakhir, ganda putri Jepang berhasil meraih empat gelar juara sejajar dengan China.

Eks rival Greysia Polii/Apriyani Rahayu yakni Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi menjadi pembuka jalan ganda putri Jepang di All England usai menyabet gelar juara pada edisi 2016.

Catatan gemilang peraih emas Olimpiade Rio ini berhasil dilanjutkan oleh juiornya yakni Yuki Fukushima/Sayaka Hirota hingga Nami Matsuyama/Chiharu Shida.

Sementara itu, pada edisi 2023, ganda putri Jepang menurunkan lima pemain yakni, Nami Matsuyama/Chiharu Shida, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota, Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara, Rui Hirokami/Yuna Kato dan Rin Iwanaga/Kie Nakanishi.

Baca Juga

Namun, dari kelima wakil Jepang di sektor ganda putri tersebut, hanya Matsuyama/Shida yang berstatus sebagai unggulan, yakni, unggulan kedua.

Namun, bukan hal yang mudah bagi ganda putri Jepang untuk mendulang kesuksesan di All England 2023. Pasalnya, ganda putri China kini kembali menunjukkan tajinya dengan menguasai top lima ranking BWF.

Baca Juga

Chen Qingchen/Jia Yifan menjadi ganda putri yang diprediksi bisa menjadi juara usai tampil gemilang di Malaysia Open hingga India Open.

Sementara itu, ganda China lainnya yakni Zhang Shuxian/Zheng Yu juga bisa menjadi ancaman. Pasalnya, pasangan ini berhasil merangkak ke rangking tiga BWF.

Tak hanya itu, ganda putri Indonesia yakni Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti juga bisa menjadi ancaman jika bisa menampilkan performa yang konsisten.

Baca Juga

Sumber: Instagram All England

JepangAll EnglandBulutangkisBerita BulutangkisNami Matsuyama/Chiharu ShidaApriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti

Berita Terkini