x

Flandy Limpele Dirumorkan Hengkang, BL Cemas Ganda Campuran PBSI Kian Miris

Senin, 27 Februari 2023 14:22 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Belakangan ramai isu pelatih PBSI, Flandy Limpele, bakal hengkang dari pelatnas. Penggemar bulu tangkis (BL) mencemaskan nasib sektor ganda campuran Indonesia.

INDOSPORT.COM – Belakangan ramai isu pelatih PBSI, Flandy Limpele, bakal hengkang dari pelatnas. Isu ini membuat penggemar bulu tangkis (BL) mencemaskan nasib sektor ganda campuran Indonesia.

Rumor mengenai Flandy Limpele bakal meninggalkan pelatnas PBSI sendiri terungkap lewat sebuah cuitan penggemar bulutangkis (BL) di akun Twitter, @jonisugio.

Akun tersebut diketahui merupakan ayah pemain pratama PBSI, Nikolaus Joaquin, yang belum lama bergabung ke pelatnas pada awal tahun 2023 kemarin.

“Ada issue pelatih kepala pratama Flandy akan resign. Semoga info ini tidak benar yah. Sayang sekali jika kejadian,” tulis akun Joni Sugio.

Meski masih menjadi kabar burung, namun isu yang diangkat Joni Sugio tersebut sontak membuat geger para BL lainnya.

Baca Juga

BL akan merasa terkejut seandainya rumor tersebut benar-benar terjadi, mengingat Flandy Limpele belum lama menjalankan tugasnya di Pelatnas PBSI, di Cipayung, Jakarta Timur.

Sebagaimana diketahui, Flandy Limpele dikontrak oleh PBSI sebagai pelatih sektor ganda campuran per April 2022. Artinya, tugasnya di PBSI belum sampai satu tahun.

Baca Juga

Selain itu, Flandy Limpele belakangan digadang-gadang sebagai salah satu kandidat menggantikan posisi Nova Widianto sebagai pelatih ganda campuran senior.

Nova Widianto memang mengundurkan diri sebagai pelatih kepala ganda campuran per Desember 2022 kemarin. Namun posisi yang dia tinggalkan sampai sekarang belum diisi pelatih baru.

Hengkangnya Nova Widianto sempat membuat ganda campuran bergejolak. Dua pasangan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari dan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati menurun performanya.

Baca Juga

1. Menengok Kondisi Ganda Campuran Indonesia

Ganda campuran Indonesia, Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata, yang juga murid Flandy Limpele tampil mengejutkan di awal tahun 2023

Hal ini yang lantas menjadi kekhawatiran terbesar BL Indonesia. Jika Flandy Limpele hengkang, lantas siapa yang akan menaikkan level ganda campuran PBSI nantinya.

Sedangkan saat ini, Rinov/Pitha dan Rehan/Lisa masih menjadi tulang punggung utama ganda campuran Indonesia pada kompetisi level dunia.

Rinov/Pitha saat ini menduduki peringkat ke-9 dunia, sedangkan Rehan/Lisa berhasil naik peringkat ke posisi ke-13 dunia per 21 Februari 2023 kemarin

Sayangnya, kedua pasangan tersebut gagal mengawali musim 2023 dengan tren psoitif. Rinov/Pitha kandas di babak-babak awal tiga turnamen awal di Malaysia, India, Indonesia.

Demikian juga dengan Rehan/Lisa, dengan catatan buruk mereka masih berlanjut saat mereka kandas di babak pertama Thailand Masters 2023.

Baca Juga

Performa kedua pasangan ini lantas sempat dibanding-bandingkan dengan salah satu murid Flandy Limpele, Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata yang tampil mengejutkan saat debut di Indonesia Masters Super 500.

Mereka tampil meyakinkan sejak babak pertama hingga dengan tembus semifinal sebelum terhenti di tangan pasangan China Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping.

Tak berhenti di situ saja, Jafar/Aisyah melanjutkan catatan apiknya di ajang iran Fajr International Challenge. Mereka masih akan berjuang di babak semifinal.

Baca Juga

Sebelumnya, Flandy Limpele sendiri mengaku tak keberatan jika PBSI menunjuknya sebagai pengganti Nova Widianto, asalkan harus melalui pembicaraan dan kesepakatan kembali.

Di sisi lain, akun Instagram PBSI memberikan petunjuk tipis soal akan menggantikan Nova Widianto menjadi pelatih ganda campuran Pelatnas. Sosok tersebut adalah Vita Marissa.

Vita Marissa merupakan mantan atlet nasional Indonesia, dan pernah menjadi staf pelatih ganda campuran PBSI.

Saat ini Vita Marissa menjabat sebagai pelatih ganda campuran di klub PB Djarum. Namun, melihat petunjuk dari PBSI, mungkin saja ia bakal kembali ke Pelatnas Cipayung.

Baca Juga
PBSIPelatnas CipayungPelatihFlandy LimpeleBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini