x

Gail Emms, Juara Terakhir All England dari Inggris yang Sempat Bangkrut dan Depresi

Rabu, 15 Maret 2023 09:12 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor: Isman Fadil
Mantan pemain badminton asal Inggris, Gail Emms.

INDOSPORT.COM - Sudah 18 tahun berlalu sejak Inggris menjadi juara di negeri sendiri dalam turnamen bulutangkis bergengsi All England.

Saat itu, ganda campuran Nathan Robertson/Gail Emms merebut gelar juara dari pasangan asal Denmark, Thomas Laybourn/Kamilla Rytter Juhl di final All England 2005.

Baca Juga

Ketika itu, Nathan Robertson/Gail Emms menggagalkan kesempatan China untuk sapu bersih di semua sektor.

Meski sudah hampir dua dekade berlalu sejak berjaya di negeri sendiri, Inggris hingga saat ini masih memegang rekor sebagai peraih gelar terbanyak di All England dengan total 194 gelar.

Sebelum menyaksikan apakah kesuksesan Inggris sanggup terulang kembali di All England dalam waktu dekat, mari simak fakta menarik tentang Gail Emms, salah satu pebulutangkis putri Inggris tersukses.

Baca Juga

Prestasi Luar Biasa

Sejak mewakili Inggris di tahun 1995, Gail Emms telah mempersembahkan berbagai gelar bergengsi. Salah satu pencapaian terbaiknya adalah memenangkan medali emas di Kejuaraan Dunia 2006.

Baca Juga

Lebih spesialnya lagi, saat itu Gail Emms bersama Nathan Robertson menggagalkan kesempatan China untuk sapu bersih.

Nathan dan Gail juga pernah membawa pulang medali perak di Olimpiade 2004. Di partai final, keduanya kalah dari pasangan China, Gao Ling/Zhang Jun. Pasangan Inggris ini juga pernah mencicipi posisi ranking 1 dunia BWF.


1. Dapat Ordo Kesatria Inggris

Mantan pemain badminton asal Inggris, Gail Emms.

Gail Emms mendapatkan salah satu penghargaan bergengsi dari Kerajaan Inggris, yakni Bintang Kekaisaran Britania Raya (Order of the British Empire) pada 2009 lalu.

Penghargaan ini diberikan untuk warga Inggris yang memiliki dedikasi di bidang seni, ilmu pengetahuan, kerja amal, dan pelayanan masyarakat.

Baca Juga

Wanita berusia 45 tahun ini memang selain kerap memberikan gelar juara di bidang badminton, ia juga ikut mempopulerkan dan mengadakan pelatihan bulutangkis untuk generasi berikutnya.

Depresi dan Terlilit Utang

Gail Emms resmi gantung raket secara profesional setelah tersingkir di perempatfinal Olimpiade Beijing 2008. 

Baca Juga

Usai pensiun, Gail Emms rupanya menderita depresi. Dalam sebuah wawancara di situs BWF pada 2021 lalu, ia baru mengakui masa-masa sulit yang ia alami.

“Saya berbaring di sofa selama seminggu. Saya tak menyangkalnya tapi saya menolak untuk cari bantuan. Saya dulu adalah perempuan di olahraga yang bermain melawan laki-laki. Saya tak boleh menampilkan emosi,” tuturnya.

“Saya harus menunjukkan karakter yang lebih seperti laki-laki. Dalam olahraga, itu adalah segalanya, Anda harus bersungguh-sungguh. Seluruh identitas saya terenggut (setelah pensiun), sulit rasanya kembali menjadi diri sendiri.”

Lalu semenjak kehilangan pekerjaannya di 2017, kehidupan Gail Emms mendadak berubah total. Ia mengaku kesulitan menemukan pekerjaan yang baru untuk membayar tagihan kebutuhan hidupnya.

Baca Juga

Dilansir dari situs olahraga itv.com, Gail Emms mengaku terpaksa menangis saat dirinya harus menjual seluruh harta benda yang ia miliki demi memenuhi kebutuhan hidupnya bersama kedua anaknya.

Gail Emms bahkan mengakui kalau CV yang ia miliki sebagai seorang pebulutangkis Inggris sukses selama 10 tahun cukup membantunya mendapat pekerjaan, meskipun pekerjaan tersebut hanyalah sebagai barista di kafe.


2. Jadi Relawan Covid-19

Mantan pemain badminton asal Inggris, Gail Emms.

Lama tak muncul di depan publik, Gail Emms sempat bikin heboh dengan statusnya sebagai relawan Covid-19.

Dilansir dari BBC, ia mendapat shift selama delapan jam setiap harinya. Gail Emms bisa terjun sebagai relawan Covid-19 setelah dirinya dinyatakan lulus dari program pelatihan NHS yang menjadi tempat untuk pengecekan virus corona di Inggris. 

Baca Juga

"Saya tidak memiliki pelatihan medis tetapi saya bugar dan sehat dan saya merasakan tugas yang mendalam," ujar Gail Emms. 

Ia lalu bekerja selama delapan jam selama empat hari di salah satu stasiun di Inggris dan menerima sekitar 40 tes swab virus corona dalam sehari.

Kesibukan Saat Ini

Setelah pandemi Covid-19 mulai berangsur berhenti, Gail Emms kembali sibuk wara-wiri di media. Ia sempat diwawancarai dalam sebuah acara radio di BBC Radio 1.

Belum lama ini ia tampil dalam acara kuis bertajuk A Question of Sport di kanal BBC.

Baca Juga

Selain itu, Gail Emms juga sibuk sebagai konsultan relasi publik yang dimilikinya bernama Gail Emms Consultancy.

Lewat Instagramnya, ia juga membagikan kesehariannya seperti saat menjadi pembawa acara, model, dan momen-momen ketika liburan.

All EnglandTRIVIABulutangkisBerita BulutangkisGail Emms

Berita Terkini