x

'Bu Polwan' Putri KW Dinilai Punya Prospek Cerah di Spain Masters 2023

Selasa, 28 Maret 2023 20:45 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Tunggal putri Indonesia, Putri Kusuma Wardani, dinilai memiliki prospek yang cerah jelang penampilannya di ajang Madrid Spain Masters 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM – Tunggal putri Indonesia, Putri Kusuma Wardani, dinilai memiliki prospek yang cerah jelang penampilannya di ajang Madrid Spain Masters 2023.

Hal tersebut dikemukakan oleh mantan pemain ganda campuran Indonesia, Debby Susanto, dalam sesi bincang-bincang kanal YouTube PB INA episode 35.

Sosok Putri Kusuma Wardani belakangan menjadi sorotan karena mampu merepotkan pemain berpengalaman lain meski usianya terbilang masih sangat muda.

Di Indonesia Masters 2023 misalnya, yang jadi turnamen pertamanya musim ini, dirinya mampu menaklukkan Aya Ohori tiga set sebelum ditaklukkan An Se-young lewat pertarungan tiga set.

Pada turnamen keduanya di Thailand Masters, Putri KW memang harus terhenti di babak 32 besar, namun dirinya bangkit saat beraksi di Swiss Open 2023.

Baca Juga

Pada turnamen BWF Super 300 tersebut, Putri KW tampil mengejutkan dengan menaklukkan peraih medali dua kali Olimpiade, PV Sindhu untuk melaju ke babak perempat final.

Sayangnya, langkah Putri KW terhenti di perempat final setelah dikalahkan Pornpawee Chochuwong yang juga mengalahkan Gregoria Mariska Tunjung di semifinal.

Baca Juga

Melihat progres Putri KW dalam tiga turnamen tersebut, Debby Susanto menilai sektor tunggal putri Indonesia saat sudah tidak lagi dipikul sendirian oleh Gregoria Mariska.

“Kalau melihat Putri KW progresnya juga bagus, prospeknya bagus, pukulannya bagus, posturnya oke, usianya masih muda,” ujar Debby Susanto yang melabeli Putri KW dengan julukan ‘Bu Polwan’ tersebut.

“Ini anak bisa ada prospek ke depannya bakal bisa bagus,” tambahnya.

“Yang bikin senangnya, bahwa di tunggal putri itu nggak cuma berpatok sama Gregoria doing, jadi tumpuannya di bagi dua,” sambung mantan pasangan main Praveen Jordan tersebut.

Baca Juga

1. Prospek Putri KW di Spain Masters 2023

Tunggal putri Indonesia Putri Kusuma Wardani di Swiss Open 2023. (Foto: PBSI)

Tak seperti Gregoria Mariska yang pulang ke tanah air setelah menyelesaikan langkahnya di semifinal Swiss Open 2023, Putri KW akan melanjutkan kiprahnya ke Madrid Spain Masters 2023.

Sebagaimana diketahui pekan ini akan berlangsung ajang Spain Masters 2023 mulai Selasa (28/3/23) hingga Minggu (2/4/23) pekan ini.

Spain Masters 2023 merupakan ajang keempat dalam daftar Tur Eropa 2023 yang sudah digelar sejak Maret kemarin.

Putri Kusuma Wardani yang berperingkat 38 dunia berhasil masuk ke undian utama babak 32 besar. Lianne Tan dari Belgia akan jadi ujian pertama yang akan dia hadapi.

Berdasarkan ranking BWF tunggal putri terbaru, Putri KW memiliki peringkat lebih rendah daripada atlet tunggal putri Belgia, Lianne Tan yang berperingkat 37 dunia.

Baca Juga

Putri Kusuma Wardani dan Lianne Tan pernah bertemu sebanyak dua kali di berbagai turnamen badminton BWF.

Dari dua pertemuan, Putri Kusuma Wardani berhasil mengalahkan dua kemenangan atas Lianne Tan. Kemenangan terakhir diraih Putri di ajang Indonesia Masters 2023.

Jika berhasil lolos ke babak kedua, dirinya berpeluang berjumpa lagi dengan PV Sindhu. Ini akan menjadi ujian Putri KW apakah dia bisa meraih kemenangan back to back atas pemain asal India tersebut.

Baca Juga

Tentunya, Putri KW bisa menjaga konsistensi permainan melawan PV Sindhu yang pernah menajdi Juara Dunia pada 2019 tersebut.

Jika ujian tersebut terlewati, Putri KW hanya perlu mengalahkan sejumlah pemain kuda hitam, di antaranya Mia Blichfeldt (Skotlandia), Irish Wang (Amerika), Sung Shuo Yun atau Wen Chi Hsu dari Chinese Taipei.

Di babak perempat final, jika putri KW mampu mencapainya maka akan berpeuang berjumpa Yeo Jia Min dari Singapura, Beiwen Zhang dari Amerika atau tuan rumah Clara Azurmendi.

Baca Juga
Debby SusantoBulutangkisPutri Kusuma WardaniBerita BulutangkisSpain Masters

Berita Terkini