6 Bek Kelas Dunia yang Layak Jadi Tandem Gerard Pique di Barca

Rabu, 11 Mei 2016 18:29 WIB
Editor: Ramadhan
 Copyright:

Sudah menjadi rahasia umum jika Barcelona selalu memiliki masalah serius di lini pertahanan yang dianggap keropos beberapa musim terakhir. Meski tajam di lini serang dan mendominasi di lini tengah, El Barca selalu terlihat kelimpungan jika lawan mulai mengacak-ngacak pertahanan mereka.

Faktor penyebab rapuhnya barisan pertahanan El Barca yang sangat jelas terasa adalah pensiunnya sang kapten, Carles Puyol pada 2014 yang lalu. Tak adanya Puyol yang biasa menemani Gerard Pique di lini pertahanan membuat raksasa Catalan tersebut seperti kehilangan taji, lemah dan mudah ditembus penyerang tim lawan.

Sepeninggal Puyol, Pique seperti kehilangan arah. Bek berusia 29 tahun ini kerap tampil tak konsisten. Meski ditemani Javier Mascherano dan Marc Bartra, Pique justru tak setangguh dulu saat ia selalu mendapatkan motivasi lebih sebagai seorang bek ketika bermain di samping Puyol.


Carles Puyol saat masih menjadi tandem Gerard Pique di lini pertahanan Barcelona

Blaugrana sempat memboyong Jeremy Mathieu dan Thomas Vermaelen di bursa transfer musim 2014/15. Namun, nyatanya penampilan kedua bek tersebut jauh dari standar Barcelona dan tak bisa menjadi tandem yang baik bagi Pique. Mathieu dan Vermaelen dianggap sebagai bek yang tak sigap, sering melakukan blunder dan rentan cedera.


Gerard Pique seperti kehilangan arah setelah Carles Puyol memutuskan pensiun

Kini, pencarian Barcelona masih terus berlanjut. Barcelona diharapkan bisa segera menemukan sosok bek kelas dunia yang bisa memberikan keseimbangan bagi Pique. Berikut INDOSPORT merangkum sederet bek tangguh yang pantas menjadi tandem Gerard Pique di lini pertahanan.

357