Liga Primer Inggris

(VIDEO) Ini Penjelasan Gol Free Kick David Luiz Tak Dianulir

Rabu, 1 Februari 2017 19:46 WIB
Editor: Gema Trisna Yudha
 Copyright:

Wasit Mark Clattenburg menghitung gol hasil free kick David Luiz di menit 24, sehingga Chelsea unggul 0-1 atas Liverpool. Namun banyak yang menganggap gol itu tidak sah karena kiper Liverpool, Simon Mignolet, belum siap karena masih mengatur pagar betis.

Pelaksanaa free kick sebenarnya diatur oleh International Football Association Board atau IFAB yang merupakan organisasi internasional yang mengurusi aturan permainan sepakbola (laws of the game). Operator Liga Inggris musim 2016/17 pun mengadopsi aturan yang dikeluarkan IFAB.

Merujuk aturan tersebut, ada dua pilihan bagi pemain saat hendak melakukan free kick. Pertama disebut tendangan bebas cepat (quick free kick). Pemain berhak dan sah melakukan quick free kick ini tanpa menunggu wasit meniup peluit. Wasit pun tidak akan mengatur pagar betis yang dilakukan para pemain lawan.

Wasit akan bertanya lebih dulu apakah pemain akan melakukan quick free kick atau tidak.


Free kick David Luiz menembus gawang Liverpool yang dijaga Simon Mignolet.

Jika tidak mau, maka pemain akan melakukan free kick kedua, yang disebut ceremonial free kick. Wasit akan mengatur jarak pagar betis dengan bola, sejauh 9,15 meter, saat melakukannya. Tendangan pun dilakukan hanya setelah wasit meniup peluit. 

Melihat video di atas, dua pemain Chelsea yang akan mengambil eksekusi, tak meminta wasit untuk mengatur pagar betis. David Luiz pun dengan cepat melakukan tendangan tanpa menunggu peluit berbunyi. 

Karenanya kita bisa tarik kesimpulan jika gol David Luiz adalah sah.

Para pemain Liverpool sejatinya bisa mencegah gawang kebobolan saat Luiz melakukan quick free kick. Kesalahan dari para pemain Liverpool dalam menghadapi tendangan bebas saat itu adalah, tak adanya pemain yang bertugas menahan bola.

Selebrasi David Luiz usai membobol gawang Liverpool. 

Padahal langkah tersebut merupakan salah satu cara sah untuk mencegah pemain lawan mengambil keputusan tendangan bebas cepat. Dan tentu kesalahan yang jadi sorotan adalah kiper Simon Mignolet yang terlalu fokus mengatur pagar betis. Hal ini pun dikritik oleh Steven Gerrard.

"Simon Mignolet belum siap, padahal peluit jelas akan ditiup," ucapnya dilansir BT Sport. 

"Dia mencoba untuk berkonsentrasi pada sesuatu yang benar-benar tidak membutuhkan fokus, ini jelas kesalahan," sambung Gerrard.

Sebelum David Luiz, Ryan Giggs juga pernah melakukan quick free kick ini saat masih aktif menjadi pemain. Saat itu Man United bertandang ke kandang Lille OSC dalam lanjutan semifinal leg pertama Liga Champions musim 2006/07.

Saat itu para pemain Lille tengah sibuk mengatur pagar betis yang diinstruksikan oleh kiper Tony Sylva, namun tak diduga Ryan Giggs langsung mengeksekusinya setelah berkoordinasi dengan wasit.

Penulis: Juni Adi

2.7K