Mengenal Algarve Youth Cup, 'Piala Dunianya' Bakat Muda

  • Ajang Algarve Youth Cup jadi salah satu ajang bergengsi yang ditujukan kepada seluruh pesepakbola muda dari belahan dunia. 
  • Rata-rata klub yang hadir di kompetisi ini ialah tim muda dari klub top Eropa seperti Juventus, AC Milan, Liverpool, ataupun tuan rumah tahun ini, Benfica. 
  • Sabtu, 11 Maret 2017 12:54 WIB
    Editor: Galih Prasetyo
    © algarveyouthcup.com
    Algarve Youth Cup Copyright: © algarveyouthcup.com
    Algarve Youth Cup

    Federasi sepakbola dunia, FIFA memiliki sejumlah rangkaian kompetisi yang ditujukan kepada pengembangan para pemain muda. Sejumlah kompetisi bekerjasama dengan sejumlah pihak pun dihelat dengan mengundang sejumlah klub top Eropa yang memiliki tim muda. 

    Fokus untuk mengembangkan pemain muda memang sudah menjadi hal wajib bagi FIFA dan sejumlah negara maju sepakbola di Eropa. Akademi muda yang berasal dari klub top Eropa itu pun beramai-ramai mengirimkan wakilnya di sejumlah kompetisi, tujuannya bukan semata menjadi juara, tapi bagaimana anak-anak muda ini mengenal kompetisi sepakbola di tahapan profesional. 

    Salah satu ajang bergengsi untuk para pemain muda ialah Algarve Youth Cup. Di tahun ini, ajang ini berlokasi di salah satu kota yang memiliki klub sepakbola hebat di Eropa, Benfica. 

    Logo Algarve Youth Cup.

    Ajang Algarve Youth Cup sendiri seperti dikutip dari situs resminya, algarveyouthcup.com merupakan kompetisi yang masuk dalam kalender resmi FIFA. 

    Seperti apa sebenarnya kompetisi untuk pesepakbola muda ini dan tim hebat mana yang akan ikut hadir di kompetisi ini? berikut ulasannya: 

    Berawal untuk pesepakbola perempuan 

    Timnas Perempuan Amerika Serikat saat memenangkan Algarve Cup.

    Kompetisi Algarve Cup awalnya tercipta karena keinginan dari Federasi Sepakbola Portugal untuk mendukung kemajuan dari sepakbola perempuan, utamanya dari para pesepakbola muda perempuan. Kompetisi yang ditujukan khusus untuk pesepakbola perempuan ini pun mulai bergulir sejak 1994 silam. 

    Sejumlah negara yang memiliki tim sepakbola perempuan pun berpartisipasi dalam kompetisi ini. Amerika Serikat jadi negara yang cukup sukses meraih banyak gelar di kompetisi ini. 

    Jepang salah satu negara yang mendorong kemajuan sepakbola perempaun menyebut bahwa ajang ini merupakan kawah candaradimuka untuk para pemain muda mereka, 

    "Saya ingin melihat beberapa pemain muda kami bisa bermain di ajang ini. Saya tidak berniat memberi mereka posisi dengan mudah," kata Taka Asako Takakura, manajer Timnas Perempuan Jepang seperti dikutip japantimes.co

    Seiring makin terkenalnya kompetisi ini, ajang Algarve Cup pun mulai melirik untuk menarik pesepakbola laki-laki untuk berpartisipasi, namun tetap ditujukan khusus untuk para pesepakbola muda. 

    Maka mulai bergulir lah ajang Algarve Youth Cup, dan untuk peserta ditujukan kepada sejumlah akademi klub top Eropa. Tahun ini sejumlah klub top Eropa tercatat ikut meramaikan kompetisi yang rencananya akan berlangsung pada 09-15 April 2017 mendatang. 

    Juventus, AC Milan, Liverpool Berpartisipasi 

    Klub top Eropa yang berpartisipasi di ajang Algarve Youth Cup 2017.

    Dikutip dari situs resmi, algarveyouthcup.com, kompetisi tahun ini dibagi di beberap kategori yang diikuti oleh sejumlah akademi klub Eropa. 

    Kategori yang dimainkan di kompetisi tahun ini antara lain untuk U-12, U-11, sampai U-7. Ini menjadi kesempatan emas untuk para pemain muda untuk bisa tampil dan menunjukkan skill mereka. 

    Sejumlah klub Eropa yang dikenal memiliki pola pembinaan usia muda terstruktur dan profesional ikut meramaikan kompetisi ini, antara lain, Benfica, Ajax, FC Porto, Sevilla, Real Betis, Dinamo Kiev, Sporting Lisbon, Atletico Madrid, Juventus, AC Milan, Liverpool hingga Paris Saint Germain (PSG). 

    Nantinya tim-tim muda ini akan bermain di Vila Real Santo Antonio yang berlokasi di Algarve, Portugal. Menariknya nantinya tidak hanya akademi dari klub besar tersebat di atas yang ikut berpartisipasi, tercatat ada 200 tim dari seluruh belahan dunia ikut dalam kompetisi ini. 

    Satu hal yang menjadi nilai lebih pada kompetisi ini ialah para pemain muda di kompetisi ini wajib diasuransikan selain itu untuk akomodasi dan penginapan juga ditanggung oleh penyelenggara. 

    Selain itu yang menarik dari ajang ini ialah bagaimana pihak penyelenggara juga bersinergis dengan pemerintah kota untuk juga mengenalkan sisi sportourism, pasalnya lokasi penyelenggaraan berlokasi di salah satu pantai terindah di Portugal, Pantai Monte Gordo.