Liga 1 Indonesia

Eks Direktur Wasit FIFA Siapkan Program Khusus untuk Wasit Indonesia

Selasa, 30 Mei 2017 07:09 WIB
Editor: Rizky Pratama Putra
 Copyright:

Sorotan sejumlah pihak terkait performa wasit di Tanah Air membuat PSSI segera berbenah. Bahkan, induk sepakbola tertinggi di Tanah Air ini melibatkan salah tenaga ahli untuk membenahi hal tersebut.

PSSI mendatangkan George Cumming, yang pernah menjadi Direktur Wasit FIFA untuk membantu mengembangkan wasit di Indonesia. Bahkan, Cumming sendiri sudah mulai bekerja dan fokus untuk mengumpulkan sejumlah fakta.

© Istimewa
Plt. Sekjen PSSI, Joko Driyono bersama George Cumming. Copyright: IstimewaPlt. Sekjen PSSI, Joko Driyono bersama George Cumming.

"Implementasi program ini, PSSI didukung oleh AFC melalui beberapa referee expert mereka yang akrab kolaborasi dengan Mr George," tulis laman resmi Liga 1.

Cumming juga mulai melakukan pendekatan dan dialog dengan sejumlah pihak dan pemangku kepentingan di sepakbola nasional. Hal ini ditujukan untuk lebih meningkatkan kualitas perwasitan di Indonesia, khususnya yang menyangkut kompetisi.

Pria asal Skotlandia ini akan diberi waktu sebelum merumuskan konsep yang akan digunakannya di Tanah Air. Konsep ini nantinya bakal menjadi acuan program bagi pengembangan wasit hingga 1-2 tahun ke depan.

George Cumming sendiri memang bukan sosok sembarangan dalam dunia perwasitan dunia. Pria asal Skotalndia ini sempat menjadi kepala wasit FIFA. Dia bertanggung jawab masalah wasit untuk Olimpiade 2000 dan Piala Dunia 2002.

669