Panggil Pemain Senior di Tiap Posisi, Ini Penjelasan Luis Milla

Senin, 5 Juni 2017 13:43 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Rizky Pratama Putra
© Petrus Manus DaYerimon/Indosport
Timnas Indonesia jelang berangkat ke Kamboja. Copyright: © Petrus Manus DaYerimon/Indosport
Timnas Indonesia jelang berangkat ke Kamboja.

Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Luis Milla memutuskan memanggil lima pemain senior untuk uji coba internasional melawan Kamboja dan Puerto Rico. Pelatih asal Spanyol itu menyatakan kelima pemain tersebut akan menjadi bagian penting untuk meraup poin di dua laga bertajuk FIFA Matchday itu.

© Petrus Manus DaYerimon/Indosport
Luis Milla Copyright: Petrus Manus DaYerimon/IndosportLuis Milla dan Fachruddin Aryanto dalam konferensi pers jelang berangkat ke Kamboja.

Lima pemain senior yang dipanggil adalah Kurnia Meiga, Fachruddin Aryanto, Irfan Bachdim, Adam Alis, dan Bayu Pradana. Mereka mewakili tiap posisi dari bek, gelandang, hingga penyerang. Hal ini memang disengaja oleh Luis Milla karena lima sosok tersebut merupakan pemain kunci yang bisa dimanfaatkan kala melawan Kamboja (08/06/17) dan Puerto Rico (13/06/17) nanti.  

© Muhammad Qomarudin/INDOSPORT
Penyerang Bali United, Irfan Bachdim. Copyright: Muhammad Qomarudin/INDOSPORTPenyerang Bali United, Irfan Bachdim, kembali dipercaya membela Timnas Indonesia.

"Bisa dibayangkan bahwa lima pemain senior di sini adalah lima pemain profesional yang akan jadi bagian penting bagi tim mereka. Sudah pasti mereka akan main dan yang kami bawa ada satu penjaga gawang, satu pemain belakang, dua pemain tengah, dan satu penyerang," ujar Luis Milla. 

Baca Juga

"Pemain-pemain tersebut akan jadi best team kami dan akan jadi pemain kunci. Menurut saya, lima pemain yang saya panggil dengan posisi berbeda merupakan satu komposisi penting dalam sepakbola, dan terpenting mereka bisa main untuk melawan Kamboja dan Puerto Rico," sambung mantan pelatih Real Zaragoza tersebut. 

© Petrus Manus DaYerimon/Indosport
Luis Milla dan Timnas Garuda Indonesia Copyright: Petrus Manus DaYerimon/IndosportLuis Milla saat melakukan siaran pers jelang keberangkatan ke Kamboja.

Luis Milla menyatakan akan lebih mudah meraih kemenangan di dua laga uji coba tersebut jika ia memainkan pemain senior. Namun, hal itu urung dilakukan lantaran ia ingin memberikan pengalaman sekaligus mempersiapkan pemain Timnas U-22 untuk SEA Games 2017 nanti di Malaysia.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Timnas Indonesia U-22 menggelar latihan di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, jelang menghadapi Myanmar. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTTimnas Indonesia U-22 tengah bersiap untuk turun di ajang SEA Games 2017.

"Sebenarnya akan lebih mudah jika kami bermain menggunakan pemain senior. Tetapi saya melihat di sini ada sebuah proses untuk pemain muda (Timnas U-22) untuk menunjukan kemampuan mereka. Pasalnya pada musim panas nanti akan ada event penting yakni kualifikasi Piala Asia dan SEA Games," tutup mantan pelatih Timnas U-21 Spanyol itu.

694