Bursa Transfer

6 Klub La Liga Spanyol Umumkan Pelatih Baru Musim 2017/18

Kamis, 8 Juni 2017 11:16 WIB
Editor: Ramadhan
 Copyright:

Geliat bursa transfer musim panas tak hanya terjadi pada pemain saja. Di La Liga Spanyol, beberapa klub bahkan tengah disibukkan dengan aktivitas transfer di sektor pelatih jelang mengarungi kompetisi musim 2017/18 nanti.

Kabar yang cukup menyita perhatian tentu berlabuhnya mantan pelatih Athletic Bilbao, Ernesto Valverde, ke Camp Nou yang diangkat sebagai pelatih baru Barcelona menggantikan posisi yang ditinggalkan Luis Enrique.

Selain El Barca, masih ada lagi sejumlah klub di kompetisi sepakbola kasta tertinggi Spanyol yang sejauh ini sudah mengumumkan secara resmi pelatih baru mereka. Termasuk pemilik lima gelar Liga Europa, Sevilla yang baru saja mengumumkan pelatih anyar.

© Internet
Caption Copyright: InternetLa Liga Spanyol.

Siapa lagi klub yang sudah mengumumkan secara resmi pelatih baru mereka? Berikut INDOSPORT merangkum sejumlah klub La Liga Spanyol yang bakal dibesut pelatih anyar mulai musim 2017/18 nanti.

Valencia (Marcelino)

© Internet
Caption Copyright: InternetPelatih baru Valencia, Marcelino.

“Valencia CF dan Marcelino Garcia Toral telah mencapai kesepakatan penuh agar dia menjadi pelatih tim utama untuk periode minimal dua tahun,” demikian pernyataan resmi Valencia.

Sebelumnya, Marcelino memiliki pengalaman melatih klub-klub seperti Sporting Gijon, Racing Santander, Sevilla, dan Villarreal. Pelatih berusia 51 tahun itu musim lalu sukses membawa Villarreal finis di posisi keempat.

Baca Juga:

Athletic Bilbao (Jose Angel Ziganda)

© Indosport.com
Jose Angel Ziganda pelatih (Osasuna) Copyright: Indosport.comJose Angel Ziganda pelatih (Osasuna)

Athletic Bilbao resmi menunjuk Jose Angel Ziganda sebagai pelatih baru setelah sebelumnya kehilangan Ernesto Valverde yang menjadi pelatih baru Barcelona.

“Jose Angel Ziganda akan menjadi pelatih baru Athletic Club dalam dua musim ke depan,” tulis pernyataan resmi Athletic Bilbao.

Ziganda sendiri terikat kontrak setidaknya sampai 30 Juni 2019 mendatang. Penunjukan Jose Angel Ziganda sebagai pelatih karena sang pelatih dianggap memiliki filosofi cukup bagus.

Sebelumnya, Ziganda pernah bermain di Bilbao selama tujuh tahun sejak 1991 hingga 1998. Usai pensiun jadi pemain, Ziganda langsung kembali ke Bilbao untuk masuk jajaran staf kepelatihan pada 2011 lalu.

Real Betis (Quique Setien)

© Indosport.com
Quique Setien pelatih (Las Palmas) Copyright: Indosport.comQuique Setien pelatih (Las Palmas)

Real Betis resmi mengumumkan pelatih baru mereka, Quique Setien. Pelatih berusia 58 tahun tersebut sebelumnya merupakan sosok peracik klub La Liga lainnya, Las Palmas.

“Real Betis Balompie telah mendatangkan Quique Setien sebagai pelatih baru untuk tiga musim berikutnya. Cantabrian bergabung dengan hijau dan putih sampai Juni 2020,” demikian pernyataan resmi Real Betis.

“Dengan kedatangan Setien, Real Betis akan memiliki gaya permainan yang dekat dengan apa yang diinginkan penggemar Betis.”

Celta Vigo (Juan Carlos Unzue)

© NurPhoto/GettyImages
Carlos Unzue, mantan asisten pelatih Barcelona yang kini menjadi pelatih Celta Vigo. Copyright: NurPhoto/GettyImagesCarlos Unzue, mantan asisten pelatih Barcelona yang kini menjadi pelatih Celta Vigo.

Celta Vigo resmi mendatangkan Juan Carlos Unzue yang sebelumnya merupakan asisten pelatih Luis Enrique di Barcelona. Bagi Unzue, Celta Vigo bukanlah tempat asing. Pada musim 2013/14 lalu, ia juga menjabat asisten pelatih Luis Enrique.

Mundurnya Enrique sebagai pelatih Barcelona membuat Unzue kini menapaki karier sebagai pelatih kepala bersama Celta Vigo. Unzue membawa beberapa staf pelatih Barcelona ke Celta seperti Roberto Moreno (asisten pelatih), Rafel Pol (pelatih fisik) dan Joaquin Valdes (psikolog).

Barcelona (Ernesto Valverde)

© Twitter/FCBarcelona
Ernesto Valverde Copyright: Twitter/FCBarcelonaErnesto Valverde

Ernesto Valverde memutuskan tak memperpanjang kontraknya bersama Athletic Bilbao di akhir musim 2016/17. Valverde akhirnya berlabuh ke Barcelona sebagai pelatih baru.

“Ini merupakan sebuah kehormatan untuk bergabung dengan Barcelona dan momen ini menunjukkan kepercayaan diri yang besar dalam diri saya,” kata Ernesto Valverde seperti dikutip dari laman resmi klub.

“Ini adalah salah satu tantangan terbaik, yang sudah tidak diragukan lagi. Misi saya adalah untuk memperdalam gaya khas yang sudah dimiliki Barcelona selama ini,” tandasnya.

“Ketika sebuah tim seperti FC Barcelona memanggil Anda, Anda tidak perlu berpikir terlalu lama. Saya ingin membangun hubungan yang baik dengan pemain di tim Barcelona B, untuk melihat pemain berkembang hari demi hari untuk naik ke tim utama,” pungkasnya.

Sevilla (Eduardo Berizzo)

© GETTY IMAGES
Caption Copyright: GETTY IMAGESEduardo Berizzo.

Sevilla akhirnya mengumumkan pelatih baru mereka mulai musim 2017/18 nanti. Sosok Eduardo Berizzo diangkat sebagai pelatih anyar Sevilla menggantikan Jorge Sampaoli yang diangkat sebagai pelatih Tim Nasional (Timnas) Argentina.

Sebelumnya, Eduardo Berizzo sendiri merupakan pelatih Celta Vigo sejak 2014. Pelatih berkebangsaan Argentina itu pernah memperkuat Celta Vigo saat masih menjadi pemain pada 2001 hingga 2005.

500