Bakat Muda Indonesia

Belajar Jalani Puasa, Richie Risnal Tetap Berlatih Belasan Jam Seminggu

Senin, 12 Juni 2017 16:38 WIB
Editor: Rizky Pratama Putra
© Dokumen Pribadi
Richie Risnal berlatih serius demi tingkatkan performa. Copyright: © Dokumen Pribadi
Richie Risnal berlatih serius demi tingkatkan performa.

Richie Risnal terus tekun menjalani latihan demi menunjang karier sepakbolanya. Richie yang tengah meniti karier di Belanda memang harus menjalani persaingan yang cukup ketat.

Richie yang kini tergabung di klub Bussumse Football Club (BFC) bakal menjalani persaingan sengit dengan anak-anak sebayanya. Pasalnya BFC merupakan salah satu klub yang memiliki kerja sama dengan Ajax Amsterdam.

© Domumen Pribadi
Richie Risnal Copyright: Domumen PribadiRichie Risnal tengah meniti karier di Belanda.

Kedua klub ini terlibat kerja sama teknis sejak tahun 2013 lalu. Sehingga pola latihan dan pengembangan bakat mudanya cukup ketat.

Untuk menjaga performanya, Richie pun tetap berlatih bersama akademi di luar klub. Kini bocah kelahiran tahun 2007 ini pun menghabiskan puluhan jam untuk berlatih.

Baca Juga:

"Total sekitar 15-16 jam per minggu buat seluruh aktivitas. Kalau bola 1,5 jam, kecuali Minggu 2,5 jam. Minggu ada 2 tempat latihan. Jadi 8,5 jam per minggu untuk latihan sepakbola," ujar Verlyn Risnal, sang ayah, kepada INDOSPORT.

Selain sepakbola, Richie diceritakan sang ayah juga menekuni sejumlah latihan lain. Bocah yang hobi bermain games ini juga berlatih taekwondo, kick boxing, renang, dan cardio.

© Dokumen Pribadi
Richie Risnal Copyright: Dokumen PribadiRichie Risnal masih berusaha belajar untuk bisa menjalankan puasa secara penuh.

Meski demikian, Richie tetap berusaha untuk belajar berpuasa. Namun, Richie belum berpuasa secara penuh.

Waktu puasa di Belanda yang mencapai 19 jam lamanya, membuat Richie harus belajar. Richie masih berpuasa setengah hari untuk saat ini.

"Saya puasa belum full, baru setengah hari sampai jam 2 atau 3," ujar Richie.

© Istimewa
Richie Risnal. Copyright: IstimewaRichie Risnal berlatih bersama Football Player Academy di Belanda.

Richie pun tetap serius melahap setiap latihan yang diberikan oleh Football Player Academy yang diikutinya. Bahkan, pelatih memasukkannya ke kelompok usia 12 tahun.

"Dia latihan dengan anak-anak U-12. Biar belajar dari anak-anak yang posturnya dan speed-nya lebih dari Richie," tambah Verlyn.

473