Jokowi dan Persis Solo: Kedekatan serta Pengaruhnya

Rabu, 21 Juni 2017 18:32 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© Grafis:Yanto/Indosport.com
HUT Joko Widodo. Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport.com
HUT Joko Widodo.

Tepat hari ini, 21 Juni 2017, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, merayakan ulang tahun yang ke-56. Mantan Wali Kota Surakarta itu ternyata diketahui memiliki kedekatan serta pengaruh yang terbilang kuat dengan klub sepakbola di sana, Persis Solo.

Orang nomor satu di Tanah Air itu dilantik sebagai presiden ke-7 pada tahun 2014 bersama Jusuf Kalla sebagai pasangannya. Dua tahun sebelumnya, beliau merupakan Gubernur DKI Jakarta, ditemani oleh Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama.

© Prima Pribadi/INDOSPORT
Joko Widodo Presiden Indonesia ke-7 membuka langsung Turnamen Piala Presiden 2017. Copyright: Prima Pribadi/INDOSPORTJoko Widodo Presiden Indonesia ke-7 membuka langsung Turnamen Piala Presiden 2017.

Karier politiknya sudah cemerlang ketika masih menjabat di Kota Solo. Banyak perubahan positif dibalik kebijakan-kebijakan politisnya saat berstatus Wali Kota Solo, seperti membangun pasar tradisional dan merenovasi yang sudah ada. Di sektor budaya, beliau juga melakukan revitalisasi Taman Sriwedari dan Balekambang, termasuk rebranding Surakarta sebagai pusat kebudayaan Jawa dengan tagline "The Spirit of Java".

Baca juga:

Laki-laki yang akrab disapa Jokowi (akronim dari Joko Widodo) itu dikenal rendah hati, dekat dengan rakyat lewat promosi blusukan yang dilakukannya sejak lama, tepatnya semenjak menjadi Wali Kota Solo. Image merakyat itu pula yang sedikit banyak membuat dirinya dicintai sekaligus disegani oleh beragam lapisan masyarakat, termasuk Pasoepati, pendukung Persis Solo.

Presiden yang juga diketahui doyan musik-musik 'bawah tanah' tersebut cukup diistimewakan oleh Pasoepati meski sudah tak lagi menjabat sebagai Wali kota di sana. Peran tak langsungnya bagi Persis Solo banyak terekam oleh media, baik itu yang terafiliasi dengan Persis dan Kota Solo mau pun tidak.

© solopos.com
Presiden Joko Widodo hadir di event musik Rock in Solo tahun 2011. Copyright: solopos.comPresiden Joko Widodo hadir di event musik Rock in Solo tahun 2011.

Kali ini INDOSPORT mencoba merangkum beberapa kejadian yang menggambarkan betapa sosok Presiden Joko Widodo memiliki kedekatan dan pengaruh kuat dengan Persis Solo, klub kebanggaan masyarakat Surakarta dan tentunya Pasoepati.

895