Banding Ditolak, Michel Platini Tetap Disanksi 4 Tahun

Jumat, 7 Juli 2017 01:15 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
 Copyright:

Pengadilan Swiss menolak banding yang diajukan oleh mantan Wakil Presiden FIFA, Michel Platini. Dengan begini, sanksi larangan berkecimpung di dunia sepakbola tetap empat tahun.

Salah satu poin yang membuat banding tersebut ditolak adalah karena bukti yang tersedia di pengadilan sama sekali tidak cukup kuat. Selain itu, pengadilan sebenarnya sudah 'berbaik hati' dengan mengurangi masa hukuman dari 8 tahun, lalu menjadi 6 tahun, dan terakhir 4 tahun.

Baca juga:

Pengadilan Federal Swiss secara tegas menyebut bahwa hukuman yang diberikan oleh Pengadilan Arbitrase Olahraga Internasional "tidak terlalu berlebihan".

Ada pun perkara di lapangan menyeret Platini karena kasus penipuan dan penggelapan uang serta indikasi korupsi di badan FIFA. Pada tahun 2011 lalu, terungkap jika Platini 'menyadap' gajinya hingga 2 juta dolar saat masih bekerja kepada Sepp Blatter tahun 1998-2002.

©
Caption Copyright: Platini.

Platini dan Blatter lalu mengatakan bahwasanya ada omongan verbal antara keduanya. Namun tetap saja Platini dinyatakan bersalah baik itu oleh FIFA maupun pengadilan setempat.

Kini Platini diharuskan untuk menghabiskan masa hukuman selama empat tahun terhitung bulan Agustus mendatang. Ia juga ditetapkan sebagai 'tahanan rumah' selama 90 hari ke depan.

159