Liga 1

Faktor-faktor yang Menyebabkan Persib Kalah dari MU

Senin, 10 Juli 2017 10:02 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Tengku Sufiyanto
© TAUFIK HIDAYAT/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Djajang Nurdjaman (tengah) saat konferensi pers. Copyright: © TAUFIK HIDAYAT/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Djajang Nurdjaman (tengah) saat konferensi pers.

Persib Bandung harus menelan kekalahan 1-3 dari tuan rumah Madura United  (MU) FC pada laga pekan ke-13 Gojek Traveloka Liga 1 di Stadion Pamekasan, Minggu (09/07/17).

Tiga gol kemenangan Laskar Sapeh Kerrab diciptakan oleh Peter Odemwingie (21' dan 26') dan Greg Nwokolo (87'). Sementara satu gol Maung Bandung dilesakkan Raphael Maitimo (82').

Baca Juga:

Pelatih Persib Bandung, Djajang Nurdjaman mengatakan, kekalahan yang diderita timnya dikarenakan beberapa faktor.

Pertama, soal keputusan wasit Kusni yang memberikan hadiah penalti untuk MU untuk dikonversi menjadi gol oleh Odemwingie pada menit ke-21. Kusni menganggap Dedi Kusnandar melakukan pelanggaran dengan menggaet kaki Greg Nwokolo. Menurut Djajang Nurdjaman, Dedi Kusnandar tidak melakukan pelanggaran, lantaran sudah terjatuh akibat benturan tangan dari Greg.

"Kami cukup kecewa dengan penalti. Karena itu, mental bertanding pemain kami cukup terpengaruh," ungkap Djajang Nurdjaman.

© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Para pemain Persib Bandung di bangku cadangan Copyright: INDOSPORT/Herry IbrahimPara pemain Persib Bandung di bangku cadangan

Lebih lanjut, Atep mengatakan, hal tersebut membuat psikologi para pemain bermasalah. Semangat dari para pemain langsung pudar.

"Ya sangat berpengaruh, setelah wasit melakukan keputusan yang merugikan tim kami," kata Atep.

Atep mengungkapkan, faktor kedua yang menyebabkan Persib kalah adalah dua gol yang dianulir. Dua gol Maung Bandung yang dianulir masing-masing diciptakan Maitimo pada menit ke-45 dan Michael Essien di babak kedua.

Wasit Kusni menganulir gol Maitimo, karena mengganggap posisinya sudah offside, usai menerima umpan sundulan Essien. Sementara itu, gol Essien dianulir wasit Kusni, lantaran bola membentur Maitimo yang berada di posisi offside.

"Juga karena gol yang dianulir itu, mungkin semangat pemain menjadi berbeda untuk mengejar ketinggalan," katanya.

"Tapi usaha kami di babak kedua sudah terlambat. Saya pikir setelah babak pertama wasit melakukan evaluasi, ternyata tidak," tutupnya.

Kekalahan ini membuat Persib Bandung terdampar di posisi ke-11 klasemen sementara dengan raihan 19 poin dari 13 laga. Sementara itu, Madura United FC ada di posisi kedua dengan perolehan 25 poin dari 13 laga.

1.6K