Starting XI Pemain Top 'Rasa' Belanda di Liga Indonesia

Senin, 14 Agustus 2017 19:53 WIB
Editor: Ramadhan
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Stefano Lilipali, Irfan Bachdim, Sergio Van Dick, dan Wiljan Pluim. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Stefano Lilipali, Irfan Bachdim, Sergio Van Dick, dan Wiljan Pluim.

Liga Indonesia sudah sejak lama menjadi magnet bagi para pesepakbola asing. Kasta tertinggi sepakbola di Tanah Air itu memang menjadi tempat dan tujuan sederet bintang-bintang dari belahan benua lain untuk mengadu nasib dan membangun karier dari musim ke musim.

Di era sekarang, terutama saat ajang Gojek Traveloka Liga 1 2017 sudah bergulir, banyak pemain-pemain asal Brasil, Argentina, hingga Belanda yang menunjukkan kemampuan hebatnya bersama klub masing-masing. Kualitas mereka memang lebih sering mengundang decak kagum.

Belakangan, ekspansi para pemain berdarah Belanda memang tengah marak-maraknya. Bali United jadi klub yang memiliki banyak pemain dari Negeri Kincir Angin, apalagi beberapa hari lalu tim berjuluk Serdadu Tridatu itu berhasil mendatangkan bintang Timnas Indonesia, Stefano Lilipaly.

Kedatangan Lilipaly menambah panjang daftar pemain kelahiran Belanda yang berkiprah di kompetisi elit sepakbola Indonesia. Sebelumnya ada nama-nama seperti Diego Michiels serta Raphael Maitimo, bahkan jauh sebelumnya pernah ada nama gaek seperti Arnold van der Vin.

© TWITTER/PSSI
Stefano Lilipaly. Copyright: TWITTER/PSSIStefano Lilipaly.

Nol van der Vin, sapaan akrabnya, pernah bermain bersama Persija Jakarta pada tahun 1948 hingga 1954. Banyak lagi sederet pemain-pemain berdarah Belanda yang sudah mewarnai jagat sepakbola di Tanah Air. Siapa saja mereka?

Berikut INDOSPORT merangkum beberapa pemain kelas dunia asal Belanda yang dulu dan saat ini berkarier di kasta tertinggi sepakbola Indonesia. Sederet pemain tersebut tergabung dalam starting line up 4-4-2 dengan kekuatan mengerikan.

4.1K