2 Bintang Persija Bicara Soal Stadion Baru, Pembangunan Ibu Kota hingga Simpang Susun Semanggi

Minggu, 20 Agustus 2017 12:19 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
 Copyright:

Dua penggawa Persija Jakarta berbicara soal rencana pembangunan stadion baru di ibu kota. Mereka adalah Gunawan Dwi Cahyo dan Maman Abdurrahman.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI telah mematangkan rancangan konsep stadion untuk Macan Kemayoran, julukan Persija. Rencananya, stadion itu nantinya akan berdiri di atas lahan Taman BMW, Jakarta Utara.

”Misal ada stadion di Jakarta, sebagai pemain kalau pun nantinya masih di tim, saya pasti ada kebanggaan tersendiri. Punya stadion sendiri, fanatiknya Jakmania mungkin lebih besar daripada yang sekarang. Yang pasti, kita lebih nyaman. Menganggapnya bermain di rumah sendiri,” tutur Gunawan ketika dijumpai wartawan di Pamekasan, Sabtu, (19/08/17) dalam rangka persiapan Persija menghadapi Madura United.

© Internet
Gunawan Dwi Cahyo (Persija Jakarta) Copyright: InternetGunawan Dwi Cahyo (Persija Jakarta).

“Di Bekasi sebenarnya hampir sama, penonton juga banyak, tapi kepunyaan stadion di Jakarta lebih berasa. Seperti di Gelora Bung Karno sebelumnya, ini stadion di ibu kota. Bermain di Jakarta kita berasa lebih memiliki. Kalau sekarang bermain di Stadion Patriot, yang notabene masuk wilayah Jawa Barat, jadi beda,” imbuh pemain berusia 29 tahun itu.

Senada dengan Gunawan, Maman juga berharap Persija tidak lagi menumpang di stadion daerah lain. Apalagi, pemain senior tersebut menganggap klub sebesar Persija seharusnya memiliki markas sendiri.

“Intinya cepat atau lambat, Jakarta harus memiliki stadion yang bertaraf internasional. Jangan hanya mengandalkan satu stadion saja, yaitu Gelora Bung Karno. Karena di ibu kota tedapat tim besar yang besar pula pendukungnya,” ucap Maman.

© Herry Ibrahim/Indosport
Beto Goncalvez (tengah) melakukan tendangan ke gawang Persija Jakarta dijaga ketat oleh Ismed Sofyan dan Maman Abdurahman (kanan). Copyright: Herry Ibrahim/IndosportBeto Goncalvez (tengah) melakukan tendangan ke gawang Persija Jakarta dijaga ketat oleh Ismed Sofyan dan Maman Abdurahman (kanan).

Terkait gencarnya pembangunan di ibu kota, Gunawan dan Maman kompak berharap kebijakan itu dapat menjadi solusi untuk mengurangi kemacetan. Seperti Simpang Susun Semanggi yang baru rampung belum lama ini.

“Pembangunan di Jakarta memang tambah macet. Berharap ke depannya bagus kalau ada perubahan yang lebih baik lagi, pasti kita juga senang,” harap Gunawan.

“Soal pembangunan, saya sebenarnya tidak terlalu mengerti. Tapi buat saya, kalau ada pembangunan berarti ada tujuannya. Salah satunya adalah mengurangi kemacetan,” tambah Maman mengakhiri.

366