Liga 1

Bawa Persiba Kalahkan PS TNI, Hariyadi Resmi Ditunjuk Pelatih Tetap

Rabu, 23 Agustus 2017 14:37 WIB
Kontributor: Teddy Rumengan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Teddy Rumengan/INDOSPORT
Hariyadi resmi menjadi pelatih kepala Persiba Balikpapan di sisa kompetisi Liga 1. Copyright: © Teddy Rumengan/INDOSPORT
Hariyadi resmi menjadi pelatih kepala Persiba Balikpapan di sisa kompetisi Liga 1.

Kemenangan penting berhasil diraih Persiba Balikpapan saat menjamu PS TNI di Stadion Parikesit dalam lanjutan pekan ke-21 Gojek Traveloka Liga 1. Bermain menggunakan formasi 4-3-3, Laskar Beruang Madu sukses mengalahkan tim besutan Ivan Kolev dengan skor tipis, 1-0.

Tanpa terduga, kemenangan atas PS TNI itu menjadi berkah tersendiri bagi seorang Hariyadi, sosok pelatih sementara Persiba di beberapa laga terakhir, menyusul Milomir Seslija yang menghilang pasca menyatakan mundur dari jabatannya.

© instagram.com/persibafc_media
Anmar Almubaraki cetak gol penentu kemenangan untuk Persiba Balikpapan. Copyright: instagram.com/persibafc_mediaPersiba berhasil meraih kemenangan 1-0 atas PS TNI.

Pasca pertandingan, Ketua Umum Persiba, Syahril HM Taher menyatakan secara resmi mengangkat Hariyadi sebagai pelatih tetap Persiba. Syahril mengungkapkan alasan utama menunjuk Hariyadi karena tak mungkin mencari pelatih kepala yang baru dengan kompetisi Liga 1 yang tersisa 3 bulan.

"Masa kita harus ganti pelatih dalam sisa waktu tiga bulan, itu mustahil. Jadi kita pertahankan Hariyadi dan kita tunjuk jadi pelatih kepala," ujar Syahril.

"Ya jadi resmi dia jadi pelatih kepala. Kalau kita harus ganti, pelatih yang mana harus kita rekrut? Jadi tidak mungkin lagi (ganti pelatih)," tambahnya menjelaskan.

© Indosport
Persib Bandung resmi menunjuk Milomir Seslija sebagai pelatih anyar. Copyright: IndosportHariyadi resmi menggantikan posisi Milomir.

Selain tidak mungkin lagi mencari pelatih lain, Syahril menjelaskan pihaknya mengaku cukup puas dengan performa yang ditunjukkan oleh Hariyadi selama menukangi Persiba.

"Hariyadi sudah membuktikan memberi kemenangan. Jadi saya dengan manajemen sudah sepakat tunjuk Hariyadi," ucapnya.

Terkait hasil buruk dalam dua laga tandang sebelumnya, Syahril mengatakan, manajemen masih bisa memahami, lantaran Beruang Madu tidak diperkuat striker asal Brasil, Marlon da Silva.

© instagram.com/persibafc_media/
Pemain Persiba Balikpapan menghampiri suporternya Copyright: instagram.com/persibafc_media/Hariyadi dinilai dapat membawa hasil bagus di Persiba.

"Saya saksikan waktu lawan Persija Jakarta dan Arema kita kalah, karena memang kita tanpa Marlon. Jadi memang berat kita tanpa Marlon," terangnya.

Sedikit informasi, meski berhasil meraih kemenangan atas PS TNI, posisi Persiba di tabel klasemen sementara Liga 1 masih jauh dari kata aman. Saat ini mereka masih berada di zona degradasi dengan menempati peringkat 17 dengan catatan 13 poin dari 21 pertandingan.

298