Liga 1

Persipura 4-2 Persiba: Mutiara Hitam Amankan Tiga Besar

Minggu, 17 September 2017 16:56 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Hasil pertandingan Persipura Jayapura vs Persiba Balikpapan. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Hasil pertandingan Persipura Jayapura vs Persiba Balikpapan.

Persipura Jayapura berhasil amankan raihan tiga poin kala membungkam Persiba Balikpapan di pekan ke-24 Gojek Traveloka Liga 1 Indonesia 2017. Bertanding di Stadion Mandala Jayapura, Minggu (17/09/17), anak asuh Wanderley Junior unggul 4-2, dan kemenangan tersebut membawa mereka bercokol di tiga besar klasemen sementara.

© nabire.net
Persipura Jayapura vs Persiba Balikpapan. Copyright: nabire.netPersipura Jayapura vs Persiba Balikpapan.

Babak I

Persipura yang diunggulkan tak lantas bisa bermain lepas. Sebaliknya, Persiba justru mampu mengancam gawang Yoo Jae-hoon di awal-awal babak pertama, namun sayang upayanya belum berbuah gol.

Tuan rumah baru benar-benar bisa mendikte jalannya laga memasuki menit ke-5. Beberapa peluang coba dimanfaatkan Mutiara Hitam, tapi tak ada yang benar-benar merepotkan kiper Kartika Ajie.

Boaz Solossa nyaris membawa Persipura unggul di menit 18. Tendangannya mengarah ke gawang Kartika Ajie, tapi karena lemah, kiper Timnas U-22 itu sanggup menjaga gawangnya perawan.

Peluang emas kedua lahir melalui Ferinando Pahabol. Setelah meliak-liuk di area pertahanan Persiba, striker mungil nan lincah itu melepaskan tembakkan yang tipis saja di sisi gawang lawan.

Persipura akhirnya mampu unggul di menit 43. Bukan Addilson Alves atau Boaz, melainkan bek sarat pengalaman Ricardo Salampessy yang mamppu memecah kebuntuan skor lewat golnya.

Papan skor kembali berubah tatkala Alves menggandakan keunggulan Persipura menjadi 2-0 di menit tambahan babak pertama. Golnya sekaligus menutup laga dengan kemenangan tuan rumah hingga jeda pertandingan.

Babak II

Tak banyak perubahan dilakukan kedua kesebelasan di babak kedua. Hasilnya, Persipura tetap bisa mengurung pertahanan Persiba Balikpapan yang datang ke Mandala berbekal kemenangan penting 3-0 atas Persegres di laga sebelumnya.

Menit 54, Pahabol hampir menciptakan gol berkelas andai tendangannya tak menerpa tiang gawang Kartika Ajie. Di sisi lain, Beruang Madu juga sesekali melakukan serangan, namun sayang selalu mentok di tengah lapangan.

Persipura berhasil memperlebar keunggulan kala kerja sama Boaz dengan Addison berbuah gol di menit 71. Kaki kiri Boaz dengan tegas mengecoh Kartika Ajie dan memaksanya memungut bola untuk ketiga kalinya di laga tersebut.

Empat menit berselang, atau tepatnya menit 75, Persiba sanggup memperkecil kekalahan lewat upaya Bijahil Chalwa. Bahkan Beruang Madu kembali memangkas jarak menjadi 2-3 melalui gol yang dilesakkan Ilhamul Irhaz dua menit kemudian.

Alih-alih pulang dengan satu poin, Persiba akhirnya harus menerima kenyataan pahit di injury time babak kedua. Osvaldo Haay yang masuk di pertengahan babak kedua memastikan kemenangan Persipura dengan skor 4-2.

Tambahan tiga poin ini membuat Persipura bercokol di posisi ketiga klasemen sementara dengan raihan 45 poin. Sedangkan buat Persiba tetap menempati tempat 17 mengumpulkan 16 angka.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Persipura Jayapura: Yoo Jae Hoon, Mauricio Aparecido Leal, Ricardo Salampessy, Ruben Sanadi, Yustinus Pae, Ian Kabes, Neslon Alom, Prisca Womsiwor, Addison Alves, Boaz Salossa, Ferinando Pahabol.

Persiba Balikpapan: Karika Ajie, Iqbal Samad, Lourival Junior Lopes, Rasul Zainuddin, Yudi Khoerudin, Bryan Cesar, Gidion Victor, Hendra Sandi, Oky Derry, Bijahil Chalwa, Heri Susanto.

6