Kalah 2-4, Pelatih Persiba Akui Keperkasaan Persipura

Senin, 18 September 2017 08:35 WIB
Kontributor: Teddy Rumengan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Teddy Rumengan/Indosport.com
Pelatih Persiba Balikpapan, Hariyadi, dalam konferensi pers pasca laga. Copyright: © Teddy Rumengan/Indosport.com
Pelatih Persiba Balikpapan, Hariyadi, dalam konferensi pers pasca laga.

Persiba Balikpapan harus menelan kekalahan saat mereka bertandang ke Stadion Mandala, Jayapura, markas Persipura Jayapura pada Minggu (18/09/17) kemarin. Skuat Beruang Madu kala itu ditekuk 2-4.

Masing-masing gol Mutiara Hitam dicetak oleh Ricardo Salampessy di menit 43, Addison di penghujung babak pertama, kemudian disusul oleh Boaz Solossa di menit 70, sebelum akhirnya ditutup oleh Osvaldo Haay di penghujung babak kedua. Sementara dua gol penghibur Beruang Madu dicetak oleh Junior Lopes (76), dan Irhas (79).

Pasca pertandingan, pelatih Persiba, Hariyadi, mengakui akan keperkasaan tuan rumah di pertandingan tersebut. Dirinya mengakui anak asuhnya telah berupaya menahan gempuran kubu tuan rumah, namun pengalaman yang dimiliki oleh Boaz Solossa dkk menjadikan hal tersebut menjadi sia-sia.

“Kami sudah berupaya menangkal serangan-serangan dari Persipura dan saya katakan dari awal mereka tim bagus. Saya akui Persipura tim yang punya pengalaman, sehingga saya ucapkan selamat dengan kemenangannya,” ujar Hariyadi.

© Teddy Rumengan/Indosport.com
Persipura Jayapura vs Persiba Balikpapan Copyright: Teddy Rumengan/Indosport.comPersipura Jayapura vs Persiba Balikpapan.

Dirinya menuturkan sejak menit awal babak pertama, Persipura menguasai permainan dan terus menekan. Hal tersebut menjadikan timnya hanya mampu bermain bertahan dan sulit untuk melakukan penyerangan.

Baru di babak kedua, Persiba bisa keluar dari tekanan dan akhirnya bisa mencetak dua gol melalui kendornya pertahanan Mutiarai Hitam. Sayang, dua gol tersebut tak mampu menyelamatkan Beruang Madu dari kekalahan.

“Memang di babak pertama saya menginstruksikan para pemain untuk melakukan serangan balik saja. Tapi di babak kedua kita melihat situasi, begitu bisa keluar menyerang, ya menyerang,” ujarnya.

© Teddy Rumengan/Indosport.com
Persipura Jayapura vs Persiba Balikpapan Copyright: Teddy Rumengan/Indosport.comPersipura Jayapura vs Persiba Balikpapan.

“Saya sudah bilang ke pemain, begitu ada kesempatan jadikan gol. Dan itu terlihat pada babak kedua,” tutupnya.

Akibat dari kekalahan tersebut, Persiba kini berada di posisi 17 klasemen sementara Liga 1, dengan raihan 16 poin dari 24 laga yang telah mereka lakoni. Sementara Persipura berada di posisi empat klasemen sementara, dengan raihan 45 poin. 

1