Meski Tampil Konsisten, Fellaini Bisa Tinggalkan Old Trafford

Selasa, 19 September 2017 16:19 WIB
Editor: Agus Dwi Witono
© getty images
Marouane Fellaini bisa pergi secara gratis. Copyright: © getty images
Marouane Fellaini bisa pergi secara gratis.

Keberadaan Marouane Fellaini seolah menjadi berkah bagi manajer Manchester United, Jose Mourinho. Bagaimana tidak, saat harus ditinggal Paul Pogba yang mengalami cedera di laga kontra Basel di ajang Liga Champions, Fellaini muncul bak pahlawan. Gelandang Timnas Belgia itu membuat Mourinho batal pusing kepala akibat cedera yang dialami Pogba.

Saat masuk menggantikan Pogba, penampilan Fellaini sudah langsung membuat Mourinho bisa tersenyum. Satu gol dan satu assist dicetaknya saat MU bertemu Basel.

Dalam pertandingan berikutnya, Fellaini pun langsung diturunkan sejak menit pertama kala melawan Everton. Hasilnya tetap memuaskan. Meski tidak mencetak gol, peran Fellaini di lini tengah cukup menonjol.

© Twitter @ManUtdEffect
Selebrasi Fellaini usai mencetak gol pembuka keunggulan Man United atas Basel. Copyright: Twitter @ManUtdEffectSelebrasi Fellaini usai mencetak gol pembuka keunggulan Man United atas Basel.

Menurut data di Footballfancast, pemain berambut keriting ini mampu melakukan 4 intersep, 4 tekel, dan 5 kali memenanggi duel udara. Akurasi umpannya bahkan mencapai 81 persen.

Kecemerlangan Fellaini pada musim ini diakui langsung oleh Mourinho. Menurut pria asal Portugal itu, penampilan apik Fellaini musim ini tak lepas dari hubungan baik antara manajer dengan pemainnya tersebut.

"Saya tahu dia merupakan pemain yang siap memberikan yang terbaik. Tapi saya pikir hubungan antara manajer dengan pemain punya dampak penting terhadap performa dan tingkat kepercayaan diri si pemain. Jadi saya pikir penampilan apik Fellaini disebabkan dia merasa saya menghormatinya sebagai seorang pemain," ungkap Mourinho seperti dikutip Manchester Evening News.

Meski mengakui peran dan performa Fellaini yang makin penting, Mourinho dan manajemen Setan Merah belum kunjung mendapat kesepakatan soal perpanjangan kontrak si pemain. Manajemen Red Devils bukan tak menawari kontrak baru, tapi tawaran tersebut belum sesuai dengan keinginan Fellaini.

Salah satu faktornya adalah usia Fellaini yang akan segera memasuki kepala tiga. November nanti, Fellaini genap 30 tahun. Sementara kebijakan yang berlaku di Old Trafford adalah menawarkan perpanjangan kontrak hanya satu tahun bagi pemain yang sudah mencapai 30 tahun atau lebih. Inilah yang membuat kontrak baru yang disodorkan belum diterima Fellaini.

Andai tak kunjung mencapai kesepakatan, per Januari nanti Fellaini akan bebas menjalin kontak dengan klub lain. Jika terjadi kesepakatan, maka Fellaini akan meninggalkan Old Trafford tanpa memberi sepeserpun kepada Man United. Karena kontraknya memang akan berakhir pada 30 JUni 2018. Saat itulah Man United dipastikan kehilangan salah satu gelandang terbaiknya.

1.7K