Kualifikasi Piala Asia U-16 2018

Mariana Utara Akhirnya Bisa Cetak Gol di Kualifikasi AFC U-16 2018

Senin, 25 September 2017 06:30 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

Masih ingat dengan Kepulauan Mariana Utara? Negara tersebut merupakan lawan yang dibantai Timnas Indonesia U-16 di partai perdana penyisihan Grup G Kualifikasi Piala Asia U-16 2018 dengan skor telak 18-0.

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Hasil pertandinga Indonesia vs Kepalauan Mariana Utara. Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTHasil pertandinga Indonesia vs Kepalauan Mariana Utara.

Pasca kekalahan telak dari Skuat Garuda Asia, nasib buruk Mariana Utara di Kualifikasi Piala Asia U-16 2018 ternyata belum berhenti. Di laga kedua melawan Thailand, mereka dipukul telak dengan skor 0-10.

Hal serupa kembali mereka alami saat melakoni laga ketiga menghadapi Laos. Lagi-lagi mereka dipaksa menyerah dengan skor 0-10. Catatan itu pun membuat Mariana Utara sudah defisit 38 gol dalam tiga laga tanpa pernah berhasil membobol gawang lawannya.

Namun, catatan buruk Mariana Utara yang tidak pernah bisa mencetak gol selama tiga laga penyisihan Grup G akhirnya berhenti kala berhadapan dengan Timor Leste di pertandingan pamungkas pada Minggu (24/09/17) kemarin.

Meski mereka tetap mendulang kekalahan, setidaknya salah satu pemain mereka berhasil memaksa kiper Timor Leste memungut bola dari gawangnya sendiri.

Gol perdana Mariana Utara di perhelatan Kualifikasi Piala Asia U-16 2018 sendiri tercipta saat mereka sudah tertinggal 0-8. Memanfaatkan momen serangan balik, salah satu pemain Mariana Utara, Ian Karl Maniago di menit ke-69 menggiring bola sendirian hingga ke kotak penalti Timor Leste.

Sadar tidak ada temannya yang membantu, Maniago mencoba peruntungannya dengan mencoba tendangan langsung kaki kiri. Di luar dugaan sepakannya tersebut tidak mampu diantisipasi kiper Timor Leste.

Sayangnya, di menit-menit selanjutnya, Timor Leste berhasil menambah keunggulan mereka hingga skor akhir menjadi 11-1. Mariana Utara pun memupus mimpinya untuk bisa ke putaran utama Piala AFF U-16 tahun depan di Malaysia.

5K