Liga 1

Persipura 2-1 Persela, Langkah Penting Menuju 3 Besar

Jumat, 6 Oktober 2017 17:58 WIB
Editor: Agus Dwi Witono
 Copyright:

Hujan yang sempat mengguyur Stadion Mandala, Jayapura, tak menyurutkan semangat skuat Persipura untuk meraih hasil penuh saat menjamu Pesela Lamongan, Jumat (06/10/17). Menurunkan skuat terbaiknya, pelatih Wanderley Machado da Silva Junior tampaknya menginstruksikan Persipura untuk langsung menekan pertahanan Persela sejak kick-off.

Terbukti dengan adanya tiga tendangan sudut yang didapat Tim Mutiara Hitam hanya dalam tempo empat menit. Serangan gencar yang dilakukan Boaz Solossa dkk pun akhirnya membuahkan sebuah kesalahan saat ada pemain Persela yang melakukan handsball di dalam kotak penalti pada menit 15.  

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Persipura Jayapura vs Persela Lamongan (Boaz Solossa). Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTPersipura Jayapura vs Persela Lamongan (Boaz Solossa).

Addison Alves yang menjadi eksekutor melakukan tendangan ke arah pojok kanan gawang. Sementara Ferdiansyah justru bergerak ke arah berlawan. Inilah untuk kali pertama sepanjang Liga 1 2017, Persipura bisa mencetak gol melalui titik penalti. Persipura unggul 1-0.

Memasuki babak kedua, kondisi permainan tidak jauh berbeda dengan babak pertama. Persipura masih mendominasi permainan. Namun tak banyak peluang yang diciptakan kedua tim. Bola bahkan cenderung banyak bergulir di area lapangan tengah.

Kubu tuan rumah akhirnya bersorak saat sang kapten Boaz Solossa menambah keunggulan pada menit ke-60. Keunggulan ini justru membuat skuat Persipura menjadi lengah.

Melalui sebuah serangan yang cepat, Samsul Arif mampu memperkecil ketinggalan satu menit kemudian. Gol ini membuat Samsul selalu mencetak gol dalam dua kunjungan terakhirnya ke kandang Persipura. Sekaligus membawa Samsul menjadi pemain lokal tersubur di ajang Liga 1 dengan koleksi 13 gol.

Persipura sebenarnya punya kesempatan untuk memperbesar keunggulan pada menit-menit akhir pertandingan. Sayang, penalti yang dilakukan Ian Kabes hanya membentur tiang gawang. Hasil akhir, Persipura masih tetap memang 2-1 atas Persela.

Kemenangan ini menjadi sebuah langkah penting bagi Persipura untuk bisa menembus 3 Besar klasemen Liga 1. Saat ini Mutiara Hitam berjarak dua poin dari PSM Makassar yang berada di peringkat ke-3.

Susunan Pemain Persipura vs Persela

Persipura:  Jae-hoon, Mauricio, M. Tahir, Tipa, Sanadi, Nasadit, Kabes, Pahabol, Wanewar, Boaz, Addison

Persela: Ferdiansyah, Ahmad, Edy, Arifin, Mesquita, M Zainal, Agung, Sandi, Eka, Barbosa, Samsul

544