Tak Menikmati Sepakbola, Peraih Ballon d'Or Ini Ingin Gantung Sepatu

Selasa, 10 Oktober 2017 18:27 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

Legenda sepakbola Brasil, Kaka, memberikan isyarat dirinya akan segera hengkang dari lapangan hijau. Dilansir Sport Bible, dirinya mengaku tak lagi menemukan kebahagiaan setiap kali ia turun ke lapangan. 

Mantan bintang AC Milan itu sendiri saat ini tengah membela Orlando City di Major League Super (MLS). Kaka adalah pemain pertama yang masuk dalam daftar pemain kehormatan yang pindah ke Amerika Serikat.

© Andrew Bershaw/Icon Sportswire via Getty Images
Pemain Orlando City FC, Kaka. Copyright: Andrew Bershaw/Icon Sportswire via Getty ImagesPemain Orlando City FC, Kaka.

Namun pemain berusia 35 tahun itu kini merasa bahwa kariernya semakin dekat pada garis akhir. Kaka yang sempat menyabet trofi Ballon d'Or 2007 lalu merasa tubuhnya terlalu lemah dan tak bertenaga jika dibandingkan performa permainannya dulu. 

"Saya tidak merasa bahagia ketika bermain sepakbola lagi, seperti merasakan sakit setiap kali pertandingan berakhir," ungkapnya pada Globo Esporte. 

Kaka sendiri mengungkapkan bahwa tubuhnya tidak mampu berkompromi dengan baik saat berlaga. Usianya yang menginjak kepala tiga kini membuat tubuhnya sulit ketika hendak melakuan penyembuhan dari cedera. 

Bersama Timnas Brasil, Kaka dulu sempat mengharumkan nama negaranya tersebut dengan menjadi jawara Piala Dunia 2002 di Jepang dan Korea Selatan. Ia juga membuktikan bahwa dirinya adalah pemain terhebat di era generasinya. 

© INTERNET
Caption Copyright: INTERNETKaka ketika masih membela Timnas Brazil 

Setelah pensiun nantinya, Kaka menyebutkan bahwa dirinya kemungkinan akan mengambil langkah yang serupa dengan legenda sepakbola Prancis, Zinedine Zidane. 

"Saya ingin memiliki karier seperti Zinedine Zidane. Ia berhenti bermain, mengambil sejumlah waktu sebentar, menyadari kemudian bahwa ternyata dirinya suka melatih dan mulai bekerja di sebuah akademi. Saya ingin mengikuti langkah serupa dengannya," tuturnya menjelaskan.

489