Madrid 1-1 Tottenham: Ronaldo Selamatkan Muka Tuan Rumah

  • Setelah tertekan pada 15 menit pertama, Tottenham mulai bisa bangkit dan mengembangkan permainan hingga berujung gol bunuh diri Varane.
  • Cristiano Ronaldo tampil sebagai penyelamat muka tuan rumah setelah mencetak gol melalui titik penalti.
Rabu, 18 Oktober 2017 03:47 WIB
Editor: Agus Dwi Witono
© Panca Putra Pamungkas/INDOSPORT
Real Madrid 1-1 Tottenham Copyright: © Panca Putra Pamungkas/INDOSPORT
Real Madrid 1-1 Tottenham

Babak Pertama

Ambisi meraih tiga poin sangat terlihat di kubu Real Madrid. Begitu kick-off dilakukan skuat besutan Zinedine Zidane ini berusaha menguasai bola dan langsung menekan pertahanan Tottenham Hotspur. Hasilnya, Cristiano Ronaldo sempat mendapat ruang untuk menyundul bola. Sayang, tandukannya tepat mengenai tiang dekat.

Tottenham bukan tanpa peluang. Fernando Llorente bahkan sempat menguasai bola di kotak penalti Los Blancos. Namun, karena kurang dukungan dari lini kedua The Spurs, serangan tersebut pun mentah tanpa memberi ancaman bagi Keylor Navas.

Satu hal yang bisa disimak dari laga ini adalah debut Achraf Hakimi yang cukup memuaskan. Bek muda asal Maroko itu untuk kali pertama menjadi starter di ajang Liga Champions. Tapi dia tak terlihat gugup. Bahkan berani berduel dengan pemain Tottenham. Baik saat bertahan maupun ketika membantu serangan.

Setelah tertekan pada 15 menit pertama, Tottenham mulai bisa bangkit dan mengembangkan permainan. Serangan demi serangan mulai lebih sering dilakukan Harry Kane dkk. Hingga akhirnya gawang Navas pun bergetar pada menit ke-28.

Berawal dari serangan balik di sektor kiri pertahanan Madrid, Raphael Varane tak mampu menepis bola dengan sempurna. Bola yang memantul di kakinya mengarah ke gawang tanpa bisa ditepis Navas.

Madrid yang kini berbalik tertekan akibat tertinggal satu gol, mulai lebih giat melakukan serangan. Namun, skuat Tottenham bermain sangat rapi dan solid. Transisi dari menyerang ke bertahan bisa cepat dilakukan. Sehingga para pemain Los Blancos kesulitan menembus pertahanan Tottenham.

Ketekunan Madrid dalam membangun serangan akhirnya berbuah manis. Sebuah pergerakan menusuk yang dilakukan Toni Kroos di kotak penalti The Spurs berbuah sebuah pelanggaran di menit 42. Cristiano Ronaldo yang menjadi eksekutor sukses menjalankan tugasnya dengan sempurna.

Hasil imbang 1-1 ini bertahan hingga turun minum. 

Babak Kedua

Tempo permainan tak banyak berkurang saat pertandingan memasuki babak kedua. Namun, Madrid tetap lebih mendominasi dengan banyak melakukan tekanan  ke kotak penalti The Spurs. Sangat tipikal dengan di awal babak pertama, Madrid begitu mendominasi hingga sekitar 15 menit babak kedua.

Namun kali ini Los Blancos mampu menciptakan lebih banyak peluang berbahaya. Salah satunya adalah sundulan Karim Benzema tepat di depan gawang The Spurs. Berkat kesigapan Hugo Lloris, gawang Tottenham, sundulan Benzema yang harusnya menjadi gol berhasil dimentahkan dengan kakinya.

Tottenham sempat bangkit di pertengahan babak kedua. Terutama melalui serangan balik dengan mengandalkan Fernando Llorente sebagai striker pantul. Namun, belum ada ancaman berbahaya ke gawang Navas dalam sejumlah serangan yang dilakukan skuat The Spurs.

Peluang terbaik Tottenham akhirnya muncul pada menit 70. Llorente yang menguasai bola berhasil mengirim umpan matang kepada Kane yang bergerak tanpa kawalan pemain belakang Madrid. Sepakan kaki kakan Kane sempat ditepis Navas dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

Dua menit berselang, Tottenham kembali mendapat peluang apik. Christian Eriksen yang menggiring bola mampu menembus kotak penalti Los Blancos. Namun, tendangan Eriksen hanya mengenai samping gawang Keylor Navas.

Gol Bunuh Diri Varane Copyright: INDOSPORTGol Bunuh Diri Raphael Varane saat Madrid bertemu Tottenham Hotspur.

Memasuki 15 menit terakhir pertandingan, Zidane menarik Benzema dan menggantikannya dengan Marco Asensio. Perubahan komposisi pemain ini tak banyak memberi pengaruh terhadap situasi pertandingan. Apalagi, Asensio masuk saat Spurs sedang lebih banyak menguasai bola. Sehingga dia tak banyak melakukan peran aktif dalam serangan Madrid.

Hugo Lloris pantas dijadikan pahlawan bagi Tottenham. Sejumlah peluang terbaik yang dimiliki Real Madrid berhasil dimentahkan oleh kiper asal Prancis ini. Refleks dan kesigapannya mampu membuat Tottenham mempertahankan hasil imbang ini hingga waktu 90 menit berakhir. Hasil seri 1-1 ini cukup fair bagi kedua tim.

Susunan pemain Real Madrid dan Tottenham Hotspur:

Real Madrid (4-3-3)

Pelatih: Zinedine Zidane

Navas, Hakimi, Ramos, Varane, Marcelo,  Kroos,  Casemiro, Modrić,  Isco, Benzema, Ronaldo

Tottenham Hostspur (4-2-3-1)

Pelatih: Mauricio Pochettino

Lloris,  Aurier, Alderweireld, Vertonghen, Davinson, Winks, Dier, Sissoko, Llorente, Eriksen,  Kane