West Brom, Spesialis "Pecat" Pelatih Klub Lain

Rabu, 18 Oktober 2017 00:52 WIB
Editor: Agus Dwi Witono
© Matthew Lewis/Getty Images
Aksi selebrasi Craig Dawson bersama rekan satu timnya. Copyright: © Matthew Lewis/Getty Images
Aksi selebrasi Craig Dawson bersama rekan satu timnya.

Pemecatan yang dialami pelatih Leicester City, Craig Shakespeare, terjadi usai bermain imbang 1-1 dengan West Bromwich Albion, Senin (16/10/17). Ternyata, ada enam pelatih lain yang akhirnya berpisah dengan klubnya setelah kontraknya diputus pascalaga melawan West Brom.

© INTERNET
Caption Copyright: INTERNETAndre Villa-Boas

Dalam lima tahun terakhir memang setidaknya ada 7 pelatih yang lengser usai bertemu West Brom, termasuk Shakespeare. Pertama pada 2012, Mick McCarthy harus melepaskan jabatannya sebagai pelatih Wolverhampton Wanderers usai kalah telak 1-5 dari West Brom pada 2012.

Chelsea bahkan pernah mengakhiri karier dua pelatihnya usai bertemu West Brom. Pada Maret 2012, Andre Villas-Boas harus pergi setelah  Chelsea kalah 0-1 dari West Brom di Stadion The Hawthorns.

Menariknya, pengganti  Villas-Boas, Roberto di Matteo juga gagal memberi kemenangan bagi Chelsea. The Blues takluk 1-2 di The Hawthorns, yang kemudian menjadi pertandingan terakhir Di Matteo di ajang Liga Primer. Pelatih asal Italia itu sendiri baru resmi dipecat usai laga kontra Juventus di Liga Champions.

© INTERNET
Caption Copyright: INTERNETRoberto Di Matteo.

Pelatih asal Italia lainnya, Roberto Mancini, juga mengalami nasib pahit usai bertemu the Baggies. Mancini tetap dipecat Manchester City, meski dalam laga kontra West Brom mampu menang 1-0 pada Mei 2013.

Nama pelatih asal Italia kian menjadi identik dengan West Brom. Terutama ketika Paolo di Canio harus kehilangan jabatan sebagai pelatih Sunderland pada September 2013. Di Canio gagal memberi kemenangan bagi Sunderland seusai takluk 0-3 dari WBA.

© Claudio Villa - Inter/Inter via Getty Images
Pelatih anyar Zenit St. Petersburg, Roberto Mancini. Copyright: Claudio Villa - Inter/Inter via Getty ImagesRoberto Mancini.

Musim berikutnya, Chris Hughton juga harus rela dilengserkan Norwich usai kalah 0-1 dari Wes Brom pada April 2014.

Terakhir, tentu saja  Craig Shakespeare yang dipecat Leicester City awal pekan ini. Namun, Shakespeare masih sedikit lebih lama dibanding Di Canio yang sudah dipecat saat kompetisi memasuki September.

952