Liga 2

Profil Tim 8 Besar Liga 2: PSPS Pekanbaru

Jumat, 20 Oktober 2017 10:11 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Galih Prasetyo
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo PSPS Pekanbaru. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo PSPS Pekanbaru.

Liga 2 disebut-sebut sebagai satu kompetisi terkejam di dunia, hal tersebut dikatakan sendiri oleh salah satu pelatih dari salah satu klub peserta. Pelatih PSPS Pekanbaru, Philep Hansen Maramis, menyebut jika Liga 2 merupakan liga terkejam di dunia saat ini.

Bukan tanpa alasan, persaingan di Liga 2 memang dapat dikatakan kejam. Ada 60 klub yang menjadi peserta Liga 2 2017, hanya tiga yang akan promosi, sementara 36 klub yang tersisa bakal terdegradasi ke Liga 3.

“Liga terkejam di dunia adalah Liga 2. Di penyisihan grup hanya 16 tim yang memastikan lolos langsung. Hampir 40 tim jatuh ke liga 3. Bersyukur juga kami bisa lolos ke 16 besar,” ujar Philep.

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo PSPS Pekanbaru. Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTLogo PSPS Pekanbaru.

PSPS Pekanbaru sendiri harus berjibaku dengan klib-klub lain untuk memastikan satu tiket promosi ke Liga 1. Terbentuk sejak tahun 1955, PSPS Pekanbaru sudah malang melintang berkompetisi di kasta kedua Liga Indonesia, hingga kini mereka berkesempatan mengubah nasib untuk promosi ke Liga 1.

PSPS pernah mengalami masa jayanya sewaktu berhasil merekrut pemain-pemain Timnas Indonesia, seperti Kurniawan Dwi Yulianto, Bima Sakti Eko Purdjianto, Aples Gideon Tecuari,Hendro Kartiko, Sugiyantoro, Edu Juanda, dan Amir Yusuf Pohan.

Namun hal tersebut tak mengubah nasib mereka, pada 2004 PSPS  melakukan perombakan setelag gagal menjuarai ajang Divisi Utama dalam dua musim berturut-turut. Hingga kini  PSPS kini berada di babak 8 besar Liga 2 dan berusaha merebut satu tempat di Liga 1.

332