Baru 29 Tahun, Pemain Andalan Dortmund Putuskan Pensiun

Minggu, 5 November 2017 01:42 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Arum Kusuma Dewi
© CHRISTOF STACHE/AFP/Getty Images
Gelandang Borussia Dortmund, Nuri Sahin. Copyright: © CHRISTOF STACHE/AFP/Getty Images
Gelandang Borussia Dortmund, Nuri Sahin.

Gelandang andalan Borussia Dortmund, Nuri Sahin resmi mendeklarasikan pensiun dari dunia sepakbola internasional usai gagal membawa Timnas Turki lolos ke Piala Dunia 2018 yang digelar di Rusia.

Pernyataan tersebut ia kemukakan lewat unggahan foto di media sosial, tepatnya Instagram pribadinya. Mantan pemain Real Madrid itu bahkan menyuarakan kalau sekarang saatnya wajah-wajah baru mengisi Timnas Turki.

"Saya pensiun dari sepakbola internasional pada saat ini karena saya ingin menyerah kepada kaum muda. Saya yakin bahwa generasi baru pemain muda Turki dapat membawa kita pada kesuksesan besar dalam 10 sampai 15 tahun mendatang jika kita dukung mereka dengan rencana yang bagus," jelas pemain 29 tahun itu.

 

Kamuoyuna saygılarımla...

A post shared by Nuri Sahin (@nurisahin) on

Dalam sebuah pernyataan tersebut, Sahin mengatakan, walaupun ia tumbuh dan besar di Jerman, Turki akan selalu ada di dalam lubuk hatinya yang terdalam. Ia pun bersyukur telah mewujudkan impiannya untuk mengenakan seragam kebanggaan tim yang berjuluk Ay-Yildizlilar ini.

"Saya mengenakan jersey Turki hampir 100 kali dalam berbagai kelompok usia, dan setiap langkah yang saya buat di jersey ini membuat saya bangga," tambahnya dalam akun @nurisahin.

Nuri Sahin sendiri memulai debutnya dengan Timnas Turki pada 8 Oktober 2005. Ia juga telah mencatatkan 52 penampilan dengan mengemas dua gol di semua ajang.

"Selama saya berkarier, saya memiliki banyak kesempatan dan pengalaman berharga. Saya akan selalu berhubungan dekat dengan sepakbola Turki dan siap membantu sebanyak yang saya bisa," tandas Sahin.

Sekarang ia akan fokus bersama klubnya, yakni Borussia Dortmund. Dortmund sendiri saat ini berada di posisi kedua klasemen sementara Bundesliga Jerman dengan menbukukan 20 poin, tertinggal tiga angka dari pemuncak klasemen Bayern Munchen.