Duh, Teriakan 'Wasit Jancuk' Warnai Kekalahan Indonesia di Tangan Korsel

Minggu, 5 November 2017 10:14 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© PSSI/Bandung Saputra
Timnas Indonesia Mengapresiasi Pendukung yang Hadir di Korea Selatan. Copyright: © PSSI/Bandung Saputra
Timnas Indonesia Mengapresiasi Pendukung yang Hadir di Korea Selatan.

Jika di Indonesia, pertandingan yang berakhir dengan aksi lemparan botol sudah terbiasa terjadi, namun hal tersebut tentunya awam di luar negeri. Di laga Indonesia vs Korea Selatan (Korsel) dalam lanjutan babak Kualifikasi Piala Asia U-19 2018 Grup F, sayangnya hal tersebut justru terjadi.

Pertandingan yang berakhir dengan kemenangan telak 4-0 Korea Selatan atas Timnas Indonesia U-19 itu ternyata sempat diwarnai oleh insiden kecil pelemparan botol dan teriakan ‘wasit jancuk’. Kala itu, Paju Stadium, venue pertandingan Korea Selatan vs Indonesia memang dipadadati oleh Warga Negara Indonesia (WNI) yang menonton langsung.

Memberikan dukungan langsung pada Egy Maulana Vikri dkk, WNI yang mayoritas bekerja di Korea Selatan itu dengan semangat menyanyikan dukungan mereka untuk para penggawa Skuat Garuda Nusantara.

© PSSI/Bandung Saputra
Duel Pemain Indonesia U-19 vs Korea Selatan. Copyright: PSSI/Bandung SaputraDuel Pemain Indonesia U-19 vs Korea Selatan.

Namun dalam salah satu rekaman video terdengar jelas salah sau pendukung yang hadir meneriakan kata-kata ‘wasit jancuk’. Ungkapan berbahasa Indonesia yang mungkin terdengar sedikit kasar dan aneh karena menggema di Korea Selatan.

Video yang diunggah oleh akun Twitter @mafiawasit itu pun menuai banyak reaksi dari para netizen. Kebanyakan merasa takjub karena walau bermain di luar negeri, namun masih saja terdengar ungkapan-ungkapan kasar berbahasa Indonesia yang biasanya hanya bisa disaksikan di Tanah Air.

Sebagai infomasi, dalam laga tersebut Timnas Indonesia U-19 merasakan kekalahan perdana di laga Grup F Kualifikasi Piala Asia U-19 2018. Skuat Garuda Nusantara dibabat Korea Selatan dengan skor 4-0 di Paju Public Stadium, Sabtu (04/11/17).

Masing-masing gol Korea Selatan U-19 dicetak oleh brace Um Won-Sang, Oh Sehun, dan Lee Jae-Ik.  Hasil negatif ini membuat pasukan Indra Sjafri turun ke peringkat ketiga klasemen sementara Grup F dengan koleksi enam poin. 

2.5K