Libatkan Alumni Timnas, Banten Siap Bangun Klub Profesional

Sabtu, 11 November 2017 01:17 WIB
Editor: Rizky Pratama Putra
© Eli Suhaeli/INDOSPORT
Stadion Maulana Yusuf yang berlokasi di Jl. Jendral Sudirman, Sumurpecung, Kota Serang, Banten. Copyright: © Eli Suhaeli/INDOSPORT
Stadion Maulana Yusuf yang berlokasi di Jl. Jendral Sudirman, Sumurpecung, Kota Serang, Banten.

Banten bersiap membangun sebuah klub sepakbola baru yang bakal meramaikan kancah sepakbola nasional. Klub yang bakal bernama Banten United ini memiliki visi menjadi sebuah tim profesional di masa depan.

Hal ini disampaikan oleh Andhika Hazrumy saat membuka sebuah turnamen sepakbola lokal di Serang, Banten, yang akan dijadikan seleksi klub tersebut. Wakil Gubernur Banten ini bahkan melibatkan 2 alumni pemain Timnas Indonesia dalam projek ini yakni Imam Riyadi dan Muhammad Nasuha.

“Kami percaya di bawah asuhan kedua mantan pemain Timnas yang salah satunya pernah dan masih jadi kebanggaan Banten ini, kita bisa memiliki klub sepakbola professional ke depannya,” ujar Andika seperti dikutip dari Radar Banten.

© radarbanten.co.id
Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy. Copyright: radarbanten.co.idWakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Banten, Deden Apriandhi pun menyatakan bahwa Pemprop Banten siap memfasilitasi Banten United untuk sementara. Pasalnya, Banten United akan diprioritaskan dulu bermain di tingkat kompetisi amatir.

"Semasih menjadi klub amatir tentu saja pengelolaannya masih bisa oleh pemerintah daerah melalui APBD. Setelah menjadi klub professional itu nanti akan kita bentuk pengelolaannya di luar pemerintah daerah tentu saja. Karena memang regulasinya begitu,” paparnya.

© Ghozi El Fitra/INDOSPORT
Pelatih Cilegon United, Imam Riyadi. Copyright: Ghozi El Fitra/INDOSPORTPelatih Cilegon United, Imam Riyadi.

Deden juga menyatakan bahwa Pemprop Banten sudah menganggarkan APBD 2018 untuk program Banten United. Untuk itu, 25 pemain nanti yang masuk dalam seleksi bisa segera bersiap diri.

"Nanti dari ajang ini akan dipilih 25 orang yang akan kami bina menjadi pemain Banten United," kata Deden.

Sejauh ini, Banten sebenarnya sudah memiliki sejumlah klub yang berkontestasi di sepakbola nasional. Sebut saja Persita Tangerang, Cilegon United, dan Perserang Serang yang turun laga di Liga 2 musim ini.

371