Liga Champions

Deretan Tim yang Lolos ke Babak 16 Besar Liga Champions

Rabu, 6 Desember 2017 06:06 WIB
Penulis: Prio Hari Kristanto | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Grafis: Tim/Indosport.com
Logo Liga Champions. Copyright: © Grafis: Tim/Indosport.com
Logo Liga Champions.

Babak penyisihan Liga Champions Eropa sudah memasuki matchday terakhir, alias matchday keenam. Setengah dari 8 grup pun sudah memainkan pertandingannya malam ini. Dari 8 pertandingan yang tersaji di grup A-D, bertambahlah tim-tim yang lolos ke babak 16 besar menyusul 6 tim yang sudah lebih dahulu lolos yaitu Paris Saint-Germain, Bayern Munchen, Manchester City, Besiktas, Real Madrid, dan Tottenham Hotspur. 

Dari hasil matchday pamungkas ini, ada 6 klub lainnya yang dinyatakan lolos. Mereka adalah Barcelona, Juventus, Basel, Manchester United, AS Roma, dan Chelsea.

Barcelona berhasil lolos sebagai juara grup D setelah menundukan Sporting Lisbon 2-0. Di saat bersamaan, rekan se-grupnya, Juventus berhasil menguntit sebagai runner-up setelah sukses mempermalukan Olympiakos di depan publiknya sendiri dengan skor 2-0. Dengan hasil ini, Barca mengoleksi 14 poin dan Juventus 11 poin. 

Sementara itu, MU melenggang sebagai juara grup A setelah secara dramatis menang atas CSKA Moscow yang berpotensi menyamakan poinnya dengan skor 2-1 di Old Trafford. MU ditemani oleh raksasa Swiss, FC Basel, yang menang 2-0 di kandang Benfica. 

Hasil ketat tercipta di Grup C ketika AS Roma dan Chelsea memiliki poin sama, 11. Namun, AS Roma unggul head-to-head. Di matchday terakhir, AS Roma berhasil meraih 3 poin kala menjamu Qarabag dan di saat bersamaan Chelsea hanya mampu bermain imbang melawan Atletico Madrid di Stamford Bridge. 

Sudah 12 tim yang lolos sampai hari ini melengkapi 6 tim yang sudah lebih dahulu lolos. PSG sendiri lolos setelah menjadi juara grup dengan memiliki poin yang sama dengan raksasa Jerman, Bayern Munchen. Keduanya lolos dengan 15 poin. Namun, PSG unggul selisih gol.

Tim dari dataran Inggris, Tottenham Hotspur, secara mengejutkan mampu mengangkangi Real Madrid dengan menjadi juara grup H dengan 13 poin. Begitu juga dengan rekan senegaranya, Manchester City yang sukses melenggang mulus dengan menjadi juara grup F jauh dari para pesaingnya. 

1.4K