Liverpool 1-1 Everton: Bersalju, Rooney Tahan Imbang The Reds!

Minggu, 10 Desember 2017 23:11 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT
Rooney merayakan golnya ke gawang Liverpool. Copyright: © INDOSPORT
Rooney merayakan golnya ke gawang Liverpool.

Laga Derby Merseyside tersaji saat Liverpool menjamu Everton dalam laga lanjutan Liga Primer Inggris pekan ke-16. Bermain di Anfield Stadium, kedua tim bermain imbang sama kuat 1-1.

Babak Pertama

Dalam pertandingan kali ini, Jurgen Klopp menggunakan formasi 4-3-3 dengan Dominic Solanke menjadi penyerang tengah. Dirinya menggantikan peran Roberto Firmino, yang makan akan ditemani oleh Sadio Mane dan Mohamed Salah dari lini sayap.

Klopp tampaknya ingin bermain aman dengan tidak memainkan beberapa pemain bintangnya. Selain Firmino, sang bintang Philippe Coutinho pun tidak diturunkan, dan posisinya diisi oleh Alex Oxlade-Chamberlain.

Sementara itu, kubu Everton menggunakan formasi 4-4-2 dengan Niasse dan Calvert-Lewin menjadi penyerangnya. Sang legenda, Wayne Rooney, bermain di posisi sayap kanan untuk menjadi dinamo The Toffees dalam melakukan serangan.

Di babak pertama ini Liverpool terlihat mendominasi akan jalannya pertandingan. The Reds juga terlihat terus melakukan tekanan demi tekanan ke lini pertahanan The Toffees sejak menit awal dibunyikan.

Hingga pada akhirnya Salah berhasil membuka keunggulan untuk The Anfield Gank terlebih dahulu di menit 42. Dengan aksi individual dan balancenya, mantan pemain AS Roma ini berhasil menceploskan bola ke sudut kanan gawang Jordan Pickford. 1-0 Liverpool memimpin di babak pertama

Babak Kedua

Jual beli serangan pun kerap terjadi di babak kedua kali ini. Dominasi serangan Liverpool, dibalas cepat oleh skema serangan balik Everton. Keduanya memperlihatkan jalannya pertandingan yang sengit.

Hingga pada akhirnya bek Liverpool, Dejan Lovren, melakukan kecerobohan dengan mendorong pemain Everton, Calvert-Lewin, di menit 76. Rooney yang menjadi algojo pun sukses menyamakan kedudukan. 1-1 Everton berhasil menyamakan kedudukan.

Disamakan, Klopp pun langsung bergerak cepat. Pelatih asal Jerman itu seketika langsung memasukkan Philippe Coutinho untuk menambah kreasi serangan mereka, serta Danny Ings untuk memperkuat ketajaman.

Namun sayang, hingga akhir pertandingan skor imbang 1-1 pun tak berubah. Dengan hasil imbang ini, Liverpool gagal menyalip Chelsea yang berada di peringkat tiga setelah sebelumnya menelan kekalahan 0-1 dari West Ham pada Sabtu (09/12/17) kemarin.

Berikut starting XI kedua tim:

Liverpool (4-2-3-1): Mignolet; J Gomez, Lovren, Klavan, Robertson; Henderson, Milner; Mane, Salah, Oxlade-Chamberlain; Solanke

Everton (4-3-3): Pickford; J Kenny, Holgate, Williams, Martina; Rooney, Gueye, Davies; Calvert-Lewin, Niasse, Sigurdsson

71