Jatidiri Direnovasi, Dua Stadion di Jawa Tengah ini Cocok Jadi Homebase PSIS

Senin, 11 Desember 2017 09:49 WIB
Kontributor: Ghozi El Fitra | Editor: Agus Dwi Witono
© Gregah/INDOSPORT
Stadion Jatidiri difoto dari kejauhan. Copyright: © Gregah/INDOSPORT
Stadion Jatidiri difoto dari kejauhan.

PSIS Semarang terus mempersiapkan diri menghadapi kompetisi Liga 1 musim depan. Mulai dari administrasi hingga persiapan pemain terus dilakukan oleh tim berjuluk Laskar Mahesa Jenar tersebut.

Namun dari sejumlah persiapan yang dilakukan, PSIS Semarang terganjal masalah infrastruktur. Pada musim depan PSIS dipastikan tidak bisa menggunakan Stadion Jatidiri yang ada di kota Semarang. Pasalnya Stadion tersebut saat ini sedang dalam proses renovasi hingga beberapa waktu mendatang.

Proses renovasi itu membuat tim kebanggaan warga Semarang itu harus mencari stadion lain sebagai alternatif homebase mereka. Pihak manajemen PSIS Semarang sudah melirik beberapa stadion yang ada di Jawa Tengah untuk dijadikan tempat menggelar laga kandang

© Ghozi El Fitra/Indosport
Kondisi Stadion Manahan mendapatkan kritik dari skuat Persis Solo. Copyright: Ghozi El Fitra/IndosportKondisi Stadion Manahan mendapatkan kritik dari skuat Persis Solo.

Dari beberapa stadion yang dilirik, ada dua yang dinilai pantas digunakan tim tersebut untuk melakoni partai kandang.

Pertama adalah Stadion Manahan yang berada di Solo, Jawa Tengah. Stadion tersebut sangat representatif untuk menggelar pertandingan Liga 1. Lokasinya yang strategis di tengah kota Solo serta fasilitas lengkap yang ada di stadion menjadi pertimbangan tersendiri bagi PSIS Semarang.

Stadion tersebut juga sering menggelar pertandingan berlevel internasional. Sehingga nantinya jika digunakan oleh PSIS Semarang untuk menggelar pertandingan Liga 1. Jarak tempuh dari Semarang juga tidak terlalu jauh. Apalagi sekarang bisa melewati jalan tol Semarang-Solo yang hanya butuh waktu 1,5-2 jam saja.

Meski demikian PSIS tidak bisa leluasa menggunakan stadion tersebut. Pasalnya, mereka harus berbagi dengan dua tim yang ada di kota Solo terkait jadwal penggunaan stadion. Persis Solo yang bermain di Liga 2 serta Persis Gotong Royong yang bermain di Liga 3 juga menggunakan Manahan untuk menggelar laga kandang. Ketiga tim harus pandai-pandai mengatur jadwal agar tidak bentrok.

Stadion kedua yang layak digunakan oleh PSIS adalah Gelora Bumi Kartini yang ada di Kabupaten Jepara. Stadion yang berada di pesisir utara Jawa itu juga juga cukup representatif untuk menggelar pertandingan Liga 1.

© Yusuf Cezar Photoworks
Gelora Bumi Kartini Copyright: Yusuf Cezar PhotoworksGelora Bumi Kartini

Jarak tempuhnya juga tidak terlalu jauh dari Semarang. Cukup berkendara sekitar 1-2 jam saja. Stadion itu juga berpengalaman menggelar pertandingan di level nasional. Saat ini Gelora Bumi Kartini menjadi homebase bagi tim Persijap Jepara.

Keuntungan lain jika menggunakan stadion tersebut adalah banyaknya penonton yang akan datang ketika PSIS bertanding. Daerah di sekitar Kabupaten Jepara seperti Demak dan Kudus merupakan basis suporter PSIS. Sehingga mereka bisa dengan mudah datang mendukung tim kesayangannya saat bertanding. 

198