Bola Internasional

Kaka, 'Manusia Terakhir' Peraih Ballon d’Or Resmi Pensiun

Senin, 18 Desember 2017 00:28 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT
Ricardo Kaka putuskan pensiun dari dunia sepakbola. Copyright: © INDOSPORT
Ricardo Kaka putuskan pensiun dari dunia sepakbola.

Mantan gelandang serang Timnas Brasil, Ricardo Izecson dos Santos Leite atau biasa akrab di telinga kita dengan nama Kaka, secara resmi menyudahi kariernya sebagai pesepakbola. Pria tampan itu kini memutuskan untuk pensiun.

Hal tersebut diketahui secara langsung mlalui Twitter pribadi Kaka, @KAKA. Dalam unggahannya tersebut, Kaka mengucap syukur kepada Tuhan atas prestasi yang ia raih sebagai seorang pesepakbola selama ini.

“Bapa, ini lebih dari apa yang saya pikirkan. Terima kasih! Sekarang saya siap untuk melakukan perjalanan yang baru. Dalam nama Yesus. Amen,” tulis Kaka di unggahannya tersebut.

Keputusan Kaka untuk pensiun ini dibarengi oleh habisnya kontrak pria berusia 35 tahun tersebut dengan klub asal Major League Soccer (MLS), Orlando City di bulan ini.

Dalam kariernya sebagai seorang pesepakbola, Kaka sering dianggap sebagai ‘manusia terakhir’ yang mampu meraih gelar Ballon d’Or oleh para pencinta sepakbola, sebelum Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi mendominasi akan penghargaan pemain terbaik di dunia tersebut.

Bersama AC Milan, beberapa gelar prestisius pun pernah ia raih secara individual maupun tim, seperti masing-masing satu gelar Liga Champions, Serie A Italia, Supercoppa Italia, Piala Dunia Antarklub, Piala Super UEFA, hingga gelar Ballon d’Or dan UEFA Best Player di tahun 2007.

Sedangkan bersama Real Madrid, satu gelar La Liga Spanyol dan Copa del Rey pun pernah diraihnya bersama klub kebanggaan Ibu Kota Spanyol tersebut.

Sementara di level Timnas Brasil, Kaka telah bermain sebanyak 92 caps dan 29 gol. Selain trofi Piala Dunia, ia juga meraih dua titel Piala Konfederasi (2005 dan 2009) di level internasional. Terakhir kali bermain untuk Timnas terjadi di bulan Mei 2016, saat mengalahkan Panama dengan skor 2-0.

11