Bola Internasional

Penampakan Piala Kompetisi UEFA Nations League

Kamis, 25 Januari 2018 06:46 WIB
Penulis: Riris Putri Ridaprilia | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© UEFA
Trofi UEFA Nations League. Copyright: © UEFA
Trofi UEFA Nations League.

UEFA telah resmi memperkenalkan dan mengumumkan hasil drawing peserta di kompetisi liga terbaru yang akan meramaikan dunia persepakbolaan di benua Eropa. 55 tim nasional akan mengisi 4 divisi liga yang akan dimulai setelah gelara Piala dunia mendatang. Tak lupa, mereka juga memamerkan piala yang akan diperebutkan oleh timnas negara-negara tersebut.

UEFA menunjukan penampakan piala berwarna perak tersebut di Lousanne, Swiss pada hari Rabu (24/01/18) sore WIB dalam acara undian babak grup tersebut. Piala tersebut dibawa oleh presiden UEFA, Aleksander Ceferin pada pembukaan acara.

© UEFA
Trofi UEFA Nations League. Copyright: UEFATrofi UEFA Nations League.

Piala berwarna perak tersebut memiliki berat 7,5 kilogram dengan tinggi sekitar 71 cm. Meski didominasi dengan warna perak di bagian luar, piala ini dihiasi dengan warna-warni corak di bagian dalamnya.

© UEFA
Trofi UEFA Nations League. Copyright: UEFATrofi UEFA Nations League.

Disain piala itu sendiri diakui terinspirasi dari logo kompetisi yang menampilkan tiang bendera dengan warna-warni bendera negara peserta. Maka tak heran jika piala tersebut memiliki bentuk seperti tiang bendera di bagian tengah, dengan dikelilingi warna-warni bendera yang ada di bagian dalam piala. Dan membuat seakan-akan tiang bendera tersebut tergulung dengan bendera.

© UEFA
Trofi UEFA Nations League. Copyright: UEFATrofi UEFA Nations League.

Trofi seluruhnya terbuat dari perak murni yang di dalamnya mengusung warna kompetisi. Refleksi warna pada permukaan perak ini diakui menjadi salah satu ciri khas piala yang unik.

"Hal pertama yang kami inginkan adalah agar orang-orang mulai memikirkan apa yang diwakili piala ini. Puncak sebuah negara, pengibaran bendera," kata Hélder Pombinho, Direktur Kreatif yang bertanggung jawab atas piala tersebut. 

© UEFA
Trofi UEFA Nations League. Copyright: UEFATrofi UEFA Nations League.

"Ketika kita melihat piala ini dinaikkan, itulah yang kita bayangkan, seolah-olah kita menyaksikan bendera semua negara dibesarkan, sebagai titik tertinggi untuk memenangkan turnamen ini." lanjutnya dikutip dari situs resmi UEFA. 

Sedikit informasi, UEFA Nations League dijadwalkan akan mulai digelar pada bulan September sampai November 2018 nanti saat jeda internasional belangsung. Sementara itu putaran final akan dilaksanakan pada pertengahan tahun 2019 mendatang.

444