In-depth

Jelang Lawan PSG, Real Madrid di Antara Harapan dan Keraguan

Senin, 29 Januari 2018 11:32 WIB
Penulis: Alfia Nurul Fadilla | Editor: Abdurrahman Ranala
© Getty Images
Real Madrid vs Leganes Copyright: © Getty Images
Real Madrid vs Leganes

Sabtu (27/01/18) malam lalu, Real Madrid berhasil mengalahkan Valencia dengan skor telak 1-4. Hasil positif ini menghidupkan kembali semangat Los Blancos jelang menghadapi Paris Saint Germain di Liga Champions 14 Februari mendatang.

Namun konsistensi El Real juga diragukan jelang bentrok dengan PSG, pasalnya performa anak asuh Zinedine Zidane akhir-akhir ini tengah menurun. Kekalahan atas Leganes di ajang Copa del Rey beberapa waktu lalu juga menjadi catatan buruk Zidane di sepanjang kariernya.

© INDOSPORT
Ronaldo mengeksekusi tendangan pinalti. Copyright: INDOSPORTRonaldo mengeksekusi tendangan pinalti.

Untungnya, kemenangan di Estadio Mestalla menyelamatkan Zidane dari rumor pemecatannya. Los Blancos mendapat dua penalti dan dua gol individual yang hebat. Lumayan menyelamatkan kesedihan kala harus menerima keputusan El Real yang harus gagal di perempat final Copa del Rey.

Memang benar di laga Sabtu kemarin, Madrid menunjukkan diri mereka dalam pertandingan yang lebih baik daripada minggu-minggu sebelumnya. Namun kemenangan atas Valencia menjadi pemanasan mereka jelang bentrok dengan PSG.

"Hal yang baik tentang sepakbola adalah ketika terjadi sesuatu yang buruk di tim, lalu ada kemanangan beberapa hari kemudian, Keylor banyak membantu kami," kata Zidane pasca pertandingan melawan Valencia, dilansir Marca.

"Sejumlah pemain yang entah mengapa, telah berjuang untuk membentuk musim ini kembali bangkit melawan Valencia, seperti Toni Kroos, Marcelo, Luka Modric, Navas dan Cristiano Ronaldo. Sebagai gantinya, mereka masih menderita dalam pertahanan dan menemukan awal dari babak kedua sangat rumit,” tambahnya.

Sekarang pertanyaannya adalah apakah hasil 1-4 atas Valencia ini membuat El Real pede akan memenangkan laga pada saat melawan PSG di Liga Champions? Tentunya klub raksasa Prancis itu juga tak akan mau kalah dengan Los Blancos demi target mereka di Liga Champions.

Jika ditengok dari pengalaman sebelumnya, ketika Madrid menang telak atas Sevilla 9 Desember lalu dengan skor 5-0 yang menyebabkan Los Blancos memenangkan gelap Piala Dunia Antarklub. Namun beberapa minggu kemudian, Cristiano Ronaldo dkk harus menanggung malu pada saat bertemu dengan musuh bebuyutan mereka, Barcelona.

© INDOSPORT
Ekspresi wajah Zinedine Zidane saat Mateo Kovacic gagal membuahkan gol ke gawang Leganes. Copyright: INDOSPORTEkspresi wajah Zinedine Zidane saat Mateo Kovacic gagal membuahkan gol ke gawang Leganes.

Kegagalan Madrid yang terakhir kala bertemu dengan Celta Vigo, Villareal, dan Leganes menimbulkan banyak pertanyaan apakah Madrid akan terus konsisten mempertahankan penampilan apiknya.

Kemenangan atas Valencia Sabtu lalu membuat Madrid berada di situasi kemenangan besar sehingga kondisi ini akan menghilangkan keraguan, dan El Real akan memanfaatkan kesempatan besar di Liga Champions yang sangat menentukan ini.

570