Liga Indonesia

Ini Alasan Panitia Piala Presiden Pilih Bobotoh Jadi Suporter Terbaik

Minggu, 18 Februari 2018 09:54 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
© Arif Rahman/INDOSPORT
Bobotoh saat menyanyikan lagu yel yel Persib Bandung. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Bobotoh saat menyanyikan lagu yel yel Persib Bandung.

Kelompok suporter Persib Bandung, Bobotoh, dinobatkan sebagai suporter terbaik dalam gelaran Piala Presiden edisi 2018. Keputusan ini pun menimbulkan pro dan kontra terkait pemilihan dan indikator penilaian sebagai suporter terbaik.

Sebelumnya, Ketua Steering Committe Piala Presiden, Maruarra Sirat, mengatakan ada tiga kandidat kelompok suporter yang akan dinobatkan sebagai suporter terbaik. Selain Bobotoh ada Aremania (Arema FC) dan Bonek Mania (Persebaya Surabaya).

Namun akhirnya panitia memutuskan Bobotoh yang dipilih menjadi yang terbaik. Terkait hal ini pria yang kerap disapa Ara ternyata memiliki alasan tersendiri.

"Saya menonton tiga-tiganya bertanding. Arema FC kalah di delapan besar. Sama halnya dengan Persebaya di Solo. Sementara Persib kalah di kandang sendiri," ucap Ara.

"Kami sudah tahu sepak bola itu kalau menang akan tertib, aman, dan nyaman. Tetapi pada saat kalah dan bermain di kandang dengan basis suporter besar, ini tidak akan mudah dan tidak akan tenang. Itu alasannya," tambahnya. 

© Muhammad Effendi/INDOSPORT
Ketua Steering Commitee Piala Presiden 2018 Maruarar Sirait, meninjau pedagang di Jakabaring Sport City (JSC). Copyright: Muhammad Effendi/INDOSPORTKetua Steering Commitee Piala Presiden 2018 Maruarar Sirait.

Dipilihnya Bobotoh menjadi suporter terbaik tentunya menjadi sebuah perdebatan. Sebab, suporter yang identik dengan warna biru itu sejatinya sempat membuat rusuh ketika kalah dari PSMS Medan dan PSM Makassar di dua laga terakhir babak penyisihan Grup A.

Bahkan, Persib mendapatkan hukuman denda lantaran Bobotoh melakukan pelemparan botol ke dalam lapangan. Namun, Ara tetap menegaskan bahwa Bobotoh bisa menjadi yang terbaik karena secara umum mereka dapat menjaga ketertiban walau kalah di kandang. 

"Semuanya itu pertimbangannya. Kamu tanya kepada saya apa pertimbangannya? Nah itu pertimbangan saya. Kami mau melihat secara umum kalau tiga-tiganya bagaimana," jelas Ara.

© Arif Rahman/INDOSPORT
Koreografi dari Bobotoh pada laga pembukaan Piala Presiden 2018. Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTKoreografi dari Bobotoh pada laga pembukaan Piala Presiden 2018.
1.2K