x

Bobotoh Berulah, Persib Didenda Rp100 Juta

Kamis, 5 April 2018 21:22 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Lanjar Wiratri
Pemain Persib Bandung merayakan gol Ezechiel N'Douassel.

Komisi Disiplin (Komdis) PSSI akhirnya mengeluarkan taringnya. Komdis mengeluarkan sanksi terkait pelanggaran disiplin yang terjadi di Liga 1 2018.

Baca Juga

Liga 1 2018 memang baru memasuki pekan ketiga, namun beberapa pelanggaran dan perilaku kurang mengenakan sudah terjadi dalam kompetisi sepakbola kasta tetinggi di Indonesia tersebut.


1. Peraturan Liga 1

Koreo dari para Bobotoh Persib Bandung

Dalam peraturan Liga 1 Bab XI soal Disiplin, dan dalam Pasal 56 disebutkan soal Hal-hal yang Mengganggu Pertandingan. Salah satunya adalah penyalaan flare.  Berikut ini bunyi Pasal 56 Bab XI Peraturan Liga 1.

"Hal-hal yang mengganggu jalannya Pertandingan seperti flare, fireworks, smoke bomb, laser, spanduk yang bernada rasis, yel-yel serta hal lain dapat dikategorikan sebagai sebuah pelanggaran disiplin dan terhadap hal tersebut akan dikenakan sanksi sesuai dengan Kode Disiplin."
 


2. Suporter Persib Nyalakan Flare

Skuat Persib Bandung.

Pelanggaran tersebut mayoritas dilakukan pemain, suporter, maupun Panitia Pelaksana (Panpel) yang dinilai melakukan kesalahan. Kini berdasarkan rapat yang dilakukan Komdis pada Selasa (03/04/18) lalu setidaknya menghasilkan beberapa keputusan.

Dari keputusan Komdis tersebut, Persib menjadi klub yang menerima sanksi terbesar. Ulah suporter mereka (Bobotoh) yang menyalakan flare saat menjamu PS TIRA di laga pembuka Liga 1 2018. Akibat ulah oknum Bobotoh tersebut, Persib didenda sebesar 100 juta rupiah.


3. Hasil Sidang Komdis

Flare di laga Persib vs PS TIRA.

Hasil Sidang Komite Disiplin PSSI, Selasa 3 April 2018 memutuskan:


1. Pemain Bali United Sdr. Nick Van Der Velden 

2. Pemain Bali United Sdr. I Made Andhika Pradana 

3. Persib Bandung 

Nama kompetisi: Go-Jek Liga 1 2018

4. Panitia Pelaksana Pertandingan PS Barito Putera 

5. PSMS Medan 


6. Panitia Pelaksana Pertandingan PSMS Medan 

Persib BandungLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini