x

Mirip Buffon, 4 Kiper Indonesia Pernah Terlibat Drama Kartu Merah

Kamis, 12 April 2018 11:17 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Penjaga Gawang Persija Jakarta, Aksi Andritany.

Protes kontroversial kiper Juventus Gianluigi Buffon hingga diganjar kartu merah oleh wasit Michael Oliver menjadi momen yang paling mencuri perhatian.

Aksi tersebut mewarnai laga leg kedua perempatfinal Liga Champions 2017/18 yang mempertemukan Real Madrid dengan Juventus pada Selasa (12/04/18) dini hari WIB. 

Wasit  mengusir kiper Timnas Italia itu dari lapangan karena Buffon melakukan protes keras setelah sang pengadil menunjuk titik putih, buntut dari pelanggaran Lucas Vasquez di kotak terlarang.

Baca Juga

Namun ternyata, bukan cuma seorang Buffon saja yang menjadi kiper dengan catatan kartu merah di laga tingkat Eropa kemarin, nyatanya Indonesia juga punya kiper dengan catatan serupa.

Sederet kiper Indonesia memiliki pengalaman diganjar kartu merah kala menjalani laga, tak hanya di tingkat liga domestik, ada pula kiper yang punya catatan pelanggaran serupa Buffon di tingkat internasional. 

Berikut INDOSPORT berhasil merangkum 4 kiper Indonesia yang punya aksi diganjar kartu merah kala memperkuat timnya saat menjalani laga di lapangan:


1. 1. Syamsidar

Syamsidar saat jalani latihan bersama PSS Sleman.

Kiper timnas Indonesia Samsidar punya pengalaman serupa dengan Buffon, meraih kartu merah dan diusir dari lapangan. Hal itu terjadi kala ia memperkuat Skuat Garuda saat melawan Bahrain di kualifikasi Piala Dunia Putara III Grup E Zona Asia pada 2012 lalu.

Syamsidar diganjar kartu merah pada saat pertandingan tersebut baru saja berjalan tiga menit. Kartu merah tersebut adalah buntut dari pelanggaran yang ia lakukan kala mencoba menghadang pergerakan pemain Bahrain, Ismael Abdullatif.


2. 2. Miswar

Miswar Saputra (Persebaya Surabaya).

Penjaga gawang Persebaya Surabaya, Miswar harus keluar dari lapangan usai dirinya diganjar kartu merah. Hal  tersebut menimpa dirinya kala Persebaya berhadapan dengan PS TNI (sekarang PS TIRA) di laga perdana Piala Presiden Grup C pada Januari 2018 lalu. 

Miswar diusir dari lapangan usai laga berlangsung selama 15 menit. Wasit mengganjar kartu merah usai dirinya menahan laju bola dengan tangan di luar kotak penalti, dalam laga yang dihelati di Stadion Gelora Bung Tomo. 


3. 3. Andritany

Andritany Ardhiyasa melakukan selebrasi pada gol Bambang Pamungkas di hadapan tribun The Jakmania.

Kiper sekelas Andritany rupanya juga punya catatan kartu merah dalam laga Indonesia Super League pada tahun 2012 lalu. Kala itu, ia memperkuat Persija dalam laga tandang melawan Sriwijaya FC di Stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring, Palembang. 

Penjaga gawang klub Macan Kemayoran tersebut menjadi pemain pertama yang diganjar kartu merah di laga itu usai dirinya menjatuhkan striker Sriwijaya, Keith Kayamba Gumbs di menit ke-24.


4. 4. Aji Bayu Putra

Aji Bayu Putra.

Namanya sempat memperkuat klub Persab Brebes kala berlaga di kompetisi Divisi III PSSI. Bersama klub tersebut, Aji Bayu sempat diganjar kartu merah usai sebuah pelanggaran kontroversial kala melawan Persebaya pada 2012 lalu. 

Aji Bayu diganjar kartu merah saat dirinya tengah menangkap bola yang terlepas dari kaki lawannya. Namun, tiba-tiba pemain lawan menjatuhkan diri hingga akhirnya Aji Bayu langsung diganjar kartu merah oleh wasit.

Real MadridLiga ChampionsJuventusGianluigi BuffonAndritany ArdhiyasaLiga Indonesia

Berita Terkini