x

Jelang Piala Dunia 2018, Rusia Malah Terancam Sanksi FIFA

Selasa, 17 April 2018 20:16 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Juni Adi
Says No to Racism

Jelang Piala Dunia 2018 yang akan berlangsung dalam hitungan 60 hari lagi, federasi sepakbola dunia, FIFA justru akan menjatuhkan sanksi kepada negara tuan rumah, Rusia.

Hal tersebut berkaitan dengan ulah suporter Rusia yang melakukan tindakan rasis saat laga persahabatan antara Rusia kontra Perancis pada Maret 2018 lalu.

Baca Juga

1. Bukti

Prancis saat uji coba menghadapi Rusia

Saat pertandingan tersebut dua penggawa Prancis, Paul Pogba dan Ousmane Dembele menjadi sasaran rasis suporter Rusia dengan menirukan suara monyet saat kedua pemain tersebut memegang bola di pertandingan yang berlangsung di Stadion St. Petersburg itu.

Dan setelah mengumpulkan beberapa bukti, termasuk dari FARE (Football Against Racism In Europe) yang hadir di lapangan, FIFA telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan melakukan tindakan tegas kepada federasi sepakbola Rusia, RFU.

"Kami mengkonfirmasi bahwa proses penyelidikan telah dibuka terhadap RFU untuk insiden ini. Namun untuk saat ini kami tidak akan memberikan komentar lebih lanjut," kata juru bicara FIFA dikutip dari Sportskeeda.


2. Kerjasama RFU

Logo Federasi Sepakbola Rusia

Federasi sepakbola Rusia, RFU sendiri mengatakan pihaknya siap bekerja sama dalam proses penyelidikan FIFA.

"Sebuah permintaan telah diajukan ke Kementerian Dalam Negeri untuk mengidentifikasi beberapa orang yang terlibat dalam insiden ini," kata perwira anti diskriminasi RFU Alexei Smertin seperti dikutip oleh kantor berita Tass.

"Jika kesalahan orang-orang ini terbukti, maka ada kemungkinan besar mereka tidak akan diizinkan untuk menghadiri pertandingan Piala Dunia dan Liga Rusia," lanjutnya.


3. Kasus Berulang

RB Leipzig vs Zenit.

Terjadinya kasus rasis di stadion St Petersburg saat laga persahabatan tersebut bukan merupakan kejadian pertama yang berlangsung di kandang Zenit tersebut. Sebelumnya telah ada dua kejadian serupa yang dilakukan suporter Zenit saat laga Liga Europa.

Di stadion St Petersburg sendiri akan dilangsungkan beberapa laga Piala Dunia 2018. Mulai dari laga fase grup Rusia vs Mesir, Brasil vs Kosta Rika dan Nigeria vs Argentina, hingga partai semifinal pada tanggal 10 juli 2018.

RusiaFIFAPiala DuniaRasialismePiala Dunia 2018Bola Internasional

Berita Terkini