x

West Ham Academy, 3 Bintang Muda Indonesia Berguru di Sana

Selasa, 17 April 2018 20:15 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
Logo West Ham.

West Ham United kini berada di posisi ke-14 klasemen Liga Primer Inggris musim 2017/18. Padahal, West Ham United memiliki salah satu akademi sepakbola terbaik di dunia. 

Akademi West Ham telah menelurkan banyak pesepakbola berbakat sejak tahun 1960-an. Bahkan para penggawa utama Timnas Inggris kala menjuarai Piala Dunia 1966 berasal dari akademi West Ham. Sejak saat itu, banyak sekali talenta sepakbola berhasil dibina dan menjadi bintang. 

Baca Juga

1. Sejarah Singkat

Logo West Ham United

Akademi Sepakbola (The Academy of Football) menjadi nama lain dari West Ham United. Hal tersebut bukannya tanpa alasan, West Ham United memang dikenal sukses menelurkan banyak talenta muda sepakbola. 

Nama 'Academy of Football pertama kali digunakan saat Ron Greenwood menjadi manajer West Ham pada kurun waktu 1961-1974. Saat itu, meneruskan kerjad dari Ted Fenton yang menelurkan pemain-pemain bertalenta seperti Geoff Hurst, Bobby Moore, dan Harry Redknapp. 

Dan tradisi menghasilkan talenta-talenta berbakat itu diteruskan hingga era Liga Primer. 


2. Pemain-pemain Jebolan Akademi Ini

Joe Cole, Frank Lampard, dan John Terry saat masih berseragam West Ham.

Tahun 1996, The Academy memulai era baru dengan hadirnya Rio Ferdinand dan Frank Lampard. Dan pada tahun itulah, West Hame U-23 mencapai final Piala FA U-23, meskipun saat itu dikalahkan oleh Liverpool U-23 yang diperkuat Michael Owen. 

Tiga tahun berselang, barulah West Ham U-23 menjuarai Piala FA. Saat itu, West Ham U-23 diperkuat oleh Joe Cole dan Michael Carrick. Sembilan tahun berselang, Ferdinand, Carrick, Lampard dan Joe Cole saling berhadapan di final Liga Champions antara Man United melawan Chelsea. 

Sejak tahun 1960-an, banyak pemain bintang yang ditelurkan akademi ini. Beberapa diantaranya adalah, Bobby Moore, Geoff Hurst, Martin Peters, Frank Lampard Sr, Harry Redknapp, Trevor Brooking, Alan Curbishley, Alan Devonshire, Alvin Martin, Tony Cottee,  serta Paul Ince. 

Selanjutnya, ada nama Rio Ferdinand, Frank Lampard Jr, Joe Cole, Michael Carrick, Jermain Defoe, dan Glen Johnson. Ada anggapan bahwa jika West Ham tak menjual 6 pemain ini, maka dipastikan West Ham akan merajai Liga Primer Inggris selama beberapa musim. 


3. 3 Bintang Muda Indonesia Berguru di Sana

Nathan Muskitta saat berlatih di West Ham United

Sudah mencetak banyak bintang sepakbola, menjadikan Akademi West Ham terkenal seantero dunia. Maka tak heran beberapa bakat muda Indonesia mencoba peruntungannya di sana. 

Setidaknya ada tiga nama bakat muda Indonesia yang sedang dan pernah berlatih di Akademi West Ham. Ketiga bakat muda tersebut adalah Ezra Walian, Jack Brown, dan juga Nathan Muskitta. 

Kegagalan bergabung dengan Leicester membuat Nathan Muskitta harus memulai lagi perjuangannya untuk bergabung dengan klub Inggris. Ia mulai ikut seleksi dari klub-klub kecil Inggris, hingga akhirnya Nathan direkomendasikan untuk mengikuti seleksi di West Ham United.

“Iya Nathan harus memulai dari bawah lagi, ia mulai dari klub kecil dan sempat ke klub Southend United hingga mereka merekomendasikan Nathan untuk ke West Ham United,” ujar Iwan Muskitta, Ayah Nathan. 

“Nathan sudah sejak Oktober di sini dan benar kami masih menanti karena West Ham United itu kan punya tradisi meminjamkan pemain mudanya ke klub kecil dahulu sebelum nantinya masuk ke tim senior. Itulah yang saat ini tengah Nathan perjuangkan,” beber Iwan Muskitta kepada INDOSPORT

Frank LampardRio FerdinandWest Ham UnitedLiga Primer InggrisJoe ColeBola InternasionalBakat Muda Indonesia

Berita Terkini