x

Cerita Pahlawan Liverpool saat Bungkam Madrid Juarai Liga Champions 1981

Kamis, 3 Mei 2018 15:34 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni

Alan Kennedy merupakan salah satu legendaris Liverpool yang berada dalam skuat saat tim menjuarai Liga Champions 1981 silam dengan mengalahkan Real Madrid di partai puncak.

Dengan Liverpool baru saja memastikan diri lolos ke laga final Liga Champions musim 2017/18, ada baiknya kita mengulas cerita yang dilalui oleh Alan Kennedy saat The Reds berhasil menjadi Raja Eropa pada tahun 1981 silam.

Uniknya, pada partai puncak Liga Champions saat itu, Liverpool juga menghadapi Real Madrid, lawan yang sama yang bakal dihadapi oleh mereka di partai puncak yang akan dimainkan pada tanggal 27 Mei 2018 mendatang.

Baca Juga

1. Musibah untuk Liverpool

Skuat Liverpool FC saat menjuarai UCL 1981

Beberapa jam sebelum kick-off menghadapi Real Madrid, wakil Inggris ini mendapat masalah dari pihak UEFA yang mengharuskan sponsor mereka saat itu, Umbro harus ditutupi selama jalannya pertandingan.

"Itu benar-benar kejam. Beberapa jam sebelum pertandingan, kami harus menutupi logo apparel dengan selotip masing-masing. Kami saling membantu satu sama lain di ruang ganti," cerita dari Kennedy beberapa jam sebelum laga puncak tersebut.


2. Sikap Sang Manajer

Caption

Kennedy pun membeberkan bagaimana manajer saat itu bereaksi pada masalah tersebut. Bob Paisley yang memang menjadi manajer Liverpool tersebut menunjukkan penampilan yang cukup baik.

"Benar-benar tidak bisa diterima dan itu bahkan tidak pernah terjadi lagi sampai sekarang. Tapi reaksi Bob sangat bagus. Dia mengatakan jika seseorang menaruh masalah ke kita, kami akan mengalahkannya. Dan itulah yang telah kami lakukan," jelas Kennedy lagi.


3. Pencetak Gol Kemenangan

Alan Kennedy saat menghadapi Real Madrid di final UCL 1981

Laga final yang kala itu dimainkan di Parc des Princes, secara mengejutkan mampu dimenangkan oleh Liverpool dengan gol tunggal Kennedy pada menit ke-82.

Padahal sebelum laga final, Kennedy mengalami cedera pada pergelangan tangannya saat menghadapi Bayern Munchen di leg pertama semifinal dan menurut dokter harus absen selama 10 pekan.

"Ya, saya sebenarnya harus absen selama 10 pekan, tapi saya ingin bermain entah itu pakai tali penyangga pada pergelangan tangan saya atau bagaimana pun. Akhirnya saya memakai penyangga logam di pergelangan tangan saya dan bisa bermain," beber Kennedy tentang cedera yang dialaminya jelang laga final.

Real MadridLiverpoolLiga Champions

Berita Terkini