x

5 Laga Timnas Indonesia Pernah Jadi Korban Pemain Ilegal Timor Leste

Minggu, 11 November 2018 20:07 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Skuat Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Timnas sepak bola Indonesia ternyata pernah menjadi korban Timor Leste yang menggunakan para pemain ilegal dalam 5 laga persahabatan kategori A FIFA.

Nama Timor Leste sempat mencuat ke permukaan publik usai terbongkarnya praktik keji dimana mereka menggunakan pemain ilegal di kompetisi resmi AFC dan FIFA sejak 2011 lalu. Kata ilegal di sini ditekankan pada kenyataan bahwa dokumen-dokumen resmi para pemain tidak sesuai dengan kenyataan, seperti umur sama status kewarganegaraan.

Tentu saja pemain ilegal ini menyalahi aturan yang sudah ditetapkan. Tercatat ada 12 pemain sepak bola ilegal yang digunakan Timor Leste pada fase-fase dari tahun 2011 lalu.

Baca Juga

Bahkan AFC mencatat ada sembilan pemain yang bermain dalam 29 laga dibawah naungan AFC sejak 2011. Lalu ada pula tujuh pemain yang ikut ambil bagian laga Timnas Timor Leste berkategori FIFA.

Setelah dikulik ternyata terdapat 5 laga Timnas Indonesia vs Timnas Timor Leste, dimana mereka menggunakan jasa pemain ilegal ini. Berikut penjabarannya.


1. 1. Kualifikasi Piala Asia U-22 2013

Skuat Timnas Indonesia.

Insiden pertama terjadi ketika di kompetisi sepak bola kualifikasi Piala Asia U-22 2013 lalu. Saat itu Timnas Indonesia vs Timor Leste di babak penyisihan Grup E.

Tercatat ada tiga pemain ilegal yang digunakan Timor Leste pada pertandingan yang diselenggarakan 7 Juli 2012 di Stadion Utama Pekanbaru, Riau. Tiga pemain tersebut adalah Ramon Saro, Palo Helber, dan Diogo Santos.

2. Persahabatan FIFA 2012

Kemudian Timnas Indonesia vs Timor Leste juga terjadi pada pertandingan persahabatan yang tercatat oleh FIFA. Laga ini berlangsung pada 14 November 2012.

Terdapat dua pemain ilegal yang digunakan oleh Timor Leste, yakni Ramon Saro dan Paulo Helber. Tentu pertandingan ini merugikan untuk Timnas Indonesia.


2. 3. SEA Games 2013

Logo SEA Games 2013.

Lalu pertemuan antara kedua tim kembali terjadi di ajang SEA Games 2013 lalu. Saat itu laga Timor Leste vs Timnas Indonesia berlangsung 14 Desember 2013.

Total Timor Leste menggunakan empat pemain ilegal pada laga ini. Mereka adalah Diogo Rangel, Paulo Helber, Heberty Fernandes, dan Paulo Cesar.

Baca Juga

4. Asian Games 2014

Selanjutnya pemain ilegal yang digunakan juga terjadi dalam ajang Asian Games 2014 lalu ketika Timor Leste vs Timnas Indonesia, 15 September 2014.

Tak tanggung-tanggung kalau Timor Leste menggunakan tiga pemain ilegal mereka, yakni Diogo Rangel, Bertoldo do santos, dan Heberty Fernandes. Tetapi skor akhir 7-0.


3. 5. Laga Persahabatan 2014

Timnas Indonesia Piala AFF 2014

Terakhir kejadian pemain ilegal yang digunakan Timor Leste terjadi pada pertandingan persahabatan pada 2014 lalu. Saat itu laga Timnas Indonesia vs Timor Leste, terjadi 11 November 2014.

Baca Juga

Pada laga ini juga Timor Leste menggunakan empat pemain ilegal, yakni Dos Santos Cunha, Bertoldo do Santos, Patrick Fabiano Alves, dan Heberty Fernandes. Sedangkan skor akhir berkesudahan 4-0 untuk Timnas Indonesia.

Terus Ikuti Update Timnas Indonesia dan Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya di INDOSPORT.COM.

FIFAAsian Games 2014SEA Games 2013Timnas SeniorTimor LesteFriendly MatchPra Piala Asia U-23Tim Nasional IndonesiaTimnas IndonesiaBola InternasionalPiala AsiaTRIVIA

Berita Terkini