x

5 Pemain Bintang yang Pernah Membela Juventus dan AC Milan

Rabu, 16 Januari 2019 19:08 WIB
Editor: Rafif Rahedian
Logo Juventus vs AC Milan.

INDOSPORT.COM - Pertandingan klasik antara Juventus vs AC Milan akan tersaji pada Kamis (17/01/19) dini hari WIB. Kedua klub ternama Negeri Pizza tersebut akan bertarung di partai final Piala Super Italia.  

Pertandingan puncak itu nantinya akan diselenggarakan di Stadion King Abdullah Sport City. Ajang ini pun menjadi momen yang bagus bagi Juventus dan AC Milan untuk merengkuh trofi pertama di tahun 2019.

Terlepas dari itu, nyatanya Juventus dan AC Milan pernah ‘berbagi’ pemain sepanjang sejarah klub. Meski berstatus rival, namun beberapa pemain bintang pernah mencicipi bermain dengan Juventus dan AC Milan.

Baca Juga

Kali ini INDOSPORT mencoba untuk merangkum lima pemain bintang yang pernah memperkuat Juventus dan AC Milan.


1. Gianluca Zambrotta

Zlatan Ibrahimovic dan Gianluca Zambrotta.

Gianluca Zambrotta merupakan salah satu bek sayap terbaik di dunia. Tak heran jika dirinya diminati sejumlah klub top Eropa seperti Juventus, AC Milan dan Barcelona. Namanya mulai melejit ketika dirinya memperkuat Juventus pada tahun 1999 silam.

Berbeda dengan Andrea Pirlo, Zambrotta tidak langsung pindah ke klub rival. Setelah meninggalkan Juventus, dirinya lebih dulu hengkang ke Barcelona. Bertahan selama dua musim, Zambrotta pun kembali ke Serie A Italia untuk memperkuat AC Milan.

Christian Vieri

Vieri saat membel Timnas Italia.

Sama seperti Gianluca Zambrotta, Christian Vieri lebih dulu memperkuat Juventus dan akhirnya memilih hijrah ke AC Milan. Setelah meninggalkan Juventus, Vieri lebih dulu mencicipi beberapa klub ternama, yakno Atletico Madrid, Lazio hingga Inter Milan.

Barulah pada tahun 2005, Vieri akhirnya memutuskan untuk hijrah ke AC Milan. Sayangnya, ia hanya bertahan satu musim di Stadion San Siro.


2. Andrea Pirlo

Andrea Pirlo saat masih berseragam Juventus.

Legenda hidup Italia, Andrea Pirlo pernah menjadi salah satu pilar utama di AC Milan dan Juventus. Pirlo lebih dulu memperkuat AC Milan pada tahun 2001 silam. Dirinya bertahan selama satu dekade di Stadion San Siro.

Namun setelah AC Milan memilih untuk tidak menjalin kerja sama dengan Pirlo, sang gelandang terbaik pun akhirnya hijrah ke Juventus. Beruntung, Juventus mendapatkan jasa Pirlo secara gratis. Meski begitu, Pirlo sukses menjadi jenderal lini tengah yang sempurna bagi Juventus.

Gonzalo Higuain

Gonzalo Higuain berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Sampdoria.

Tak hanya pemain-pemain yang sudah pensiun, di era sepak bola modern saat ini pun Juventus dan AC Milan juga pernah ‘bertukar’ pilar utamanya. Hal itu terjadi ketika Juventus memilih untuk meminjamkan Gonzalo Higuain ke AC Milan.

Nantinya, penyerang berkebangsaan Argentina tersebut akan kembali ke pangkuan Juventus pada akhir kompetisi musim 2018/19 mendatang. Namun bukan tidak mungkin jika AC Milan akan mempermanenkan jasa Higuain pada musim depan.


3. Leonardo Bonucci

Leonardo Bonucci, bek tengah Juventus.

Nama pemain lainnya yang pernah memperkuat kedua tim adalah bek andalan Timnas Italia, Leonardo Bonucci. Berbeda dari empat pemain sebelumnya, Bonucci sempat meninggalkan Juventus ke AC Milan, namun memilih untuk kembali ke Nyonya Tua pada musim ini.

Kepindahan Bonucci ke AC Milan sendiri dikabarkan karena masalah pribadi dengan salah satu petinggi Juventus. Tak heran jika dirinya dijual tidak terlalu mahal pada musim 2017/18 lalu.

Baca Juga

Pemain bertahan yang saat ini berusia 31 tahun tersebut memang tampil kurang meyakinkan bersama AC Milan. Kehadirannya di AC Milan pun tak mampu membantu membangkitkan AC Milan dari keterpurukan.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Italia Lainnya di INDOSPORT 

Gianluca ZambrottaAndrea PirloAC MilanGonzalo HiguainJuventusLeonardo BonucciPiala Super ItaliaChristian VieriLiga ItaliaTRIVIA

Berita Terkini