x

Gabung Everton, Coutinho Bisa Disulap Ancelotti Jadi The Next Kaka

Minggu, 21 Juni 2020 11:14 WIB
Editor: Coro Mountana
Coutinho saat membela Timnas Brasil

INDOSPORT.COM – Philippe Coutinho baru-baru ini dikabarkan bisa kembali ke Liga Inggris dengan peluang pindah bersama Everton, jika benar demikian, ia bisa jadi The Next Kaka.

Seperti yang kita tahu, Coutinho sejak pergi meninggalkan Liverpool, mengalami masalah dengan tidak berkembang bersama Barcelona. Dipinjamkan ke Bayern Munchen ternyata juga tidak menjadi jawaban atas gagal perform seorang penyihir kecil milik mantan bintang Liverpool itu.

Keengganan Bayern Munchen untuk mempermenankan Coutinho memunculkan spekulasi kalau ia harus segera hengkang. Meski masih bisa kembali ke Barcelona, tetapi rumor terakhir menyebutkan jika Coutinho justru kian dekat untuk kembali ke Liga Inggris.

Baca Juga
Baca Juga

Coutinho dalam beberapa hari terakhir memang terus dikaitkan bakal kembali ke kota Merseyside. Namun bukan klub lamanya, Liverpool, melainkan sang rival yaitu Everton.

Pengamat sepak bola kenamaan Inggris, Ian McGarry menyebut jika kedekatan yang terjalin antara agen Coutinho yaitu Kia Joorabchian dengan pemilik Everton, Farhad Moshiri (sama-sama Iran) menjadi alasan kuat gelandang serang Brasil itu bakal bergabung dengan skuat asuhan Carlo Ancelotti itu.

Namun menurut Ian McGarry, Barcelona kemungkinan hanya akan melepas Coutinho dengan status pinjaman. Jika skema itu yang terjadi, maka ada satu ganjalan besar Coutinho untuk kembali ke Merseyside membela Everton.

Baca Juga
Baca Juga

“Jika Barcelona mau membayar sebagian gaji Coutinho selama menjalani masa pinjaman di Goodison Park, maka kepulangan dirinya ke Liga Inggris hanya tinggal menunggu waktu saja,” ucap McGarry dalam Transfer Window Podcast.

Seperti yang diungkapkan Ian, jika Barcelona mau membayar sebagian gaji, maka dapat dipastikan Coutinho segera merapat ke Everton. Kembalinya Coutinho ke Liga Inggris pun dapat membuatnya menjadi The Next Kaka karena di Everton ada Carlo Ancelotti.


1. Coutinho, The Next Kaka di Everton

Coutinho saat membela Timnas Brasil

Andai Coutinho benar-benar ke Everton, sepertinya kariernya bakal kembali ke peforma puncak bahkan bisa menjadi The Next Kaka. Semua itu bisa terjadi karena Everton saat ini dilatih oleh Carlo Ancelotti, sosok yang sanggup mengeluarkan potensi terbaik Kaka.

Bermain sejak 2003 hingga 2009 yang sempat berlanjut di 2013/14, Kaka menjelma menjadi salah satu legenda AC Milan. Berbagai gelar seperti Serie A Italia, Liga Champions, Supercoppa Italiana, Piala Super Eropa hingga Piala Dunia Antarklub berhasil dimenangkan Kaka bersama AC Milan.

Kegemilangan Kaka pun tak lepas dari formasi pohon natal milik Ancelotti, 4-3-2-1. Bersama Clarence Seedorf, Kaka bahu membahu bersama bintang Belanda itu menjadi duet pengatur serangan AC Milan dalam formasi pohon cemara atau pohon natal itu.

Carlo Ancelotti dipecat dari klub Serie A Italia, Napoli.

Ancelotti tentu tidak sembarangan dalam memilih formasi unik itu, alasan menggunakan taktik unik itu lebih kepada keinginannya untuk memaksimalkan semua gelandang kelas dunia yang dimilikinya. Memang pada saat itu, AC Milan memiliki salah satu lini tengah terbaik di Eropa.

Ada Andrea Pirlo, Clarence Seedorf dan Kaka membuat AC Milan begitu ditakuti dan memaksa Ancelotti memutar otak agar bisa memaksimalkan peran ketiga maestro itu. Hasilnya, terciptalah formasi 4-3-2-1 yang sangat ikonik dengan AC Milan asuhan Ancelotti.

Pirlo bertindak sebagai deep lying playmaker yang dilindungi oleh Gennaro Gattuso dan Massimo Ambrosini, 2 gelandang petarung. Sedangkan Kaka dengan gaya elegannya ditemani oleh Seedorf yang sangat berpengalaman, bahu membahu mengatur serangan AC Milan.

Kaka dan Clarence Seedorf saat masih membela AC Milan

Melihat Coutinho memiliki kualitas yang tak kalah dengan Kaka, tentu bakal membuat Ancelotti untuk sekali lagi memainkan formasi andalannya itu, pohon natal. Dengan menempatkan Coutinho sebagai gelandang serang bergaya flamboyan, ia bisa berkembang layaknya seniornya di Brasil, Kaka.

Sepanjang bermain untuk AC Milan, Kaka membukukan catatan mencetak 95 gol dan 84 assists dalam 270 pertandingan. Tentu Coutinho memiliki potensi untuk melampaui catatan Kaka bersama Everton.

Sama-sama memiliki dribbling kelas wahid, tendangan keras mematikan serta visi brilian membuat Coutinho bakal terlihat seperti replika sempurna Kaka. Itu semua bakal terjadi jika Coutinho benar-benar datang ke Everton, maka Ancelotti bisa menyulapnya menjadi The Next Kaka.

Bursa TransferAC MilanEvertonCarlo AncelottiPhilippe CoutinhoRicardo KakaIn Depth SportsLiga InggrisFeature

Berita Terkini