x

Ada Sosok Tak Terduga, Ini 5 Pelatih Liga Inggris Terhebat yang Juga Eks Pemain

Jumat, 31 Juli 2020 04:30 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Yosef Bayu Anangga
Ada sosok tak terduga, ini lima pelatih Liga Inggris 2019-2020 terhebat yang pernah menjadi pemain.

INDOSPORT.COM - Masih menjadi suatu perdebatan tanpa akhir jika ditanya siapa pelatih terhebat di Liga Inggris kali ini. Meskipun Jurgen Klopp sukses membuat Liverpool sabet juara pada kenyataannya ia gagal masuk predikat lima besar dalam daftar berikut.

Ya, sebelum sukses menjadi juru taktik dari Borussia Dortmund dan Liverpool, Jurgen Klopp sempat terlebih dahulu mencicipi pengalaman sebagai pemain yang berposisi sebagai striker atau bek Mainz. Setelah 11 tahun berkecimpung di dunia pesepak bola profesional itu ia lantas beranikan diri turun sebagai pelatih.

Berkat banyaknya makan asam garam, Jurgen Klopp pun bisa membantu kesuksesan The Reds untuk memutus kutukan nirgelar Liga Inggris yang menghantui sejak 30 tahun. Ia bukanlah satu-satunya yang merangkap sebagai pelatih sukses lewat jalur mantan pemain, karena masih ada Brendan Rodgers dan David Moyes di musim ini.

Baca Juga
Baca Juga

Rodgers cenderung mampu memaksimalkan potensi dari Leicester City hingga merusak dominasi klub-klub berjulukan enam besar di Liga Inggris. Sementara itu Moyes pun demikian. Meskipun performanya cukup dipertanyakan, West Ham masih bisa lolos dari zona degradasi.

Seperti dikutip dari Squawka, meskipun mampu torehkan prestasi gemilang, pada kenyataannya Klopp, Moyes, dan Rodgers tak masuk daftar pelatih hebat Liga Inggris yang juga jebolan pemain. Termasuk ada nama tak terduga, berikut INDOSPORT merangkum lima nama juru latih paling bersinar di kompetisi kasta atas Negeri Elizabeth.

5. Steve Bruce (Newcastle United)

Pernah menjadi bek tengah Manchester United, Steve Bruce sempat ambil bagian dalam kejayaan kompetisi divisi utama Inggris antara 1992 dan 1996. Gabung Setan Merah pada 1987, pria berkebangsaan Inggris ini ambil andil dalam revolusi pelatih Sir Alex Ferguson yang menangi Liga Inggris, Piala FA, dan Piala Eropa.

Berkat pengalamannya yang tinggi, Bruce lantas ditunjuk sebagai pelatih utama Newcastle United. Walaupun terkesan kurang oke bersama The Magpies karena jadi tim medioker, ia punya catatan mengalahkan Manchester United di laga kandang dan Tottenham Hotspur kala lakoni pertandingan tandang Liga Inggris musim ini.

Baca Juga
Baca Juga

4. Ole Gunnar Solskjaer (Manchester United)

Berposisi sebagai striker, Ole Gunnar Solskjaer dikenal sebagai pemain loyal Manchester United yang menyandang status mematikan. Habiskan 11 tahun di Old Trafford ia sudah mencetak 126 gol dalam 366 pertandingan dan ambil bagian dalam enam gelar Liga Inggris, dua Piala FA, dan Liga Champions 1999.

Bagaimana ketika ia terjun dalam kepelatihan? Semenjak gantikan Jose Mourinho pada 2018 silam tak ada yang menduga jika seorang caretaker bisa menukangi Manchester United dengan sangat baik. Terbukti meski alami hasil kurang bagus di awal musim Liga Inggris, Solskjaer sukses naikan derajat mantan klub yang pernah dibelanya.


1. 3. Carlo Ancelotti (Everton)

Carlo Ancelotti termasuk sebagai salah satu dari lima pelatih Liga Inggris 2019-2020 terhebat yang juga pernah jadi pemain sepak bola profesional.

Pernah berposisi sebagai gelandang atau playmaker klub besar Serie A Liga Italia buktikan taji Carlo Ancelotti patut diperhitungkan. Carletto pernah menangi titel juara domestik bersama AS Roma dan AC Milan, referensinya pun kian lengkap usai tampil 26 caps bersama Timnas Italia semasa muda.

Lewat pengalamannya yang gemilang tersebut, Ancelotti nyatanya termasuk sebagai pelatih paling sukses kala ditugasi di klub-klub besar Eropa. Gantikan peran Duncan Ferguson yang hanya seumur jagung, pelatih asal Italia ini terkesan bisa membuat The Toffees bangkit dari keterpurukan.

2. Pep Guardiola (Manchester City)

Sebelum resmi menjadi pelatih Manchester City semua orang tahu jika Pep Guardiola merupakan mantan gelandang bertahan hebat dari Barcelona. Ia berhasil ambil bagian dalam tim impian seorang pelatih legendaris, Johan Cruyff, dan itupun dibuktikan dengan raihan perdana trofi Piala Eropa sekaligus gelar LaLiga Spanyol.

Ibarat ilmu turunan dari keberhasilannya sebagai pemain, Guardiola termasuk sebagai pelatih jempolan yang sukses memaksimalkan potensi The Citizens. Walaupun gelar Liga Inggris berpindah tangan ke Liverpool, ia masih punya pamor kuat yang sulit hilang termakan waktu.

1. Frank Lampard (Chelsea)

Termasuk sebagai salah satu gelandang dengan torehan skor terbanyak di Liga Inggris, Frank Lampard merupakan pemain legendaris dari Chelsea. Hancurkan rekor Bobby Tambling dengan sumbangsih 211 gol, ia pernah menyumbang tiga gelar Liga Inggris, lima Piala FA, Liga Champions, dan masih banyak lagi.

Mungkin agak sulit dipercaya, tapi menurut penuturan Squawka, Frank Lampard sejatinya menjadi pelatih Liga Inggris terbaik musim ini. Bagaimana tidak? Pada debut perdana ia tergolong sukses membuat Chelsea merangsek ke empat besar klasemen meskipun hanya andalkan jebolan akademi muda imbas kena hukuman FIFA terkait transfer.

Manchester UnitedLiverpoolChelseaManchester CityFrank LampardEvertonNewcastle UnitedJurgen KloppPep GuardiolaDavid MoyesOle Gunnar SolskjaerSteve BruceLiga Primer InggrisPelatihLiga InggrisSepak Bola

Berita Terkini