x

Awas Diogo Jota, Pemain Portugal Selalu Bikin Kecewa Liverpool

Sabtu, 19 September 2020 16:14 WIB
Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
Diogo Jota bakal dihantui rekor buruk pemain Portugal ketika dirinya resmi bergabung ke juara bertahan Liga Inggris, Liverpool.

INDOSPORT.COM - Diogo Jota bakal dihantui rekor buruk pemain Portugal ketika dirinya resmi bergabung ke juara bertahan Liga Inggris, Liverpool.

Pada Jumat (18/09/20) malam setelah pengumuman Thiago Alcantara resmi ke Liverpool, tersebar rumor bahwa The Reds siap mendatangkan Diogo Jota dari rival Liga Inggris, Wolverhampton.

Menurut BBC, Diogo Jota bakal diumumkan sebagai pemain baru Liverpool pada Sabtu (19/09/20) setelah menjalani tes medis di hari yang sama.

Baca Juga
Baca Juga

Pemain sayap berusia 23 tahun itu diboyong dengan biaya transfer 41 juta pound (785 miliar rupiah) yang dapat meningkat hingga 45 juta pound (861 miliar rupiah) karena bonus.

Bila transfer terjadi, Diogo Jota akan menjadi rekrutan ketiga Liverpool di bursa transfer musim panas 2020 setelah Kostas Tsimikas dan Thiago Alcantara.

Baca Juga
Baca Juga

Selain itu, Diogo Jota akan tercatat sebagai pemain ketujuh asal Portugal yang memperkuat Liverpool.

Bahaya baginya, sejarah memperlihatkan Liverpool selalu kecewa dengan rekrutan mereka berkebangsaan Portugal, baik karena gagal bersinar ataupun karakter si pemain.


1. Para Pemain Portugal di Liverpool

Raul Meireles saat memperkuat Liverpool.

Pada Januari 2002, Liverpool secara resmi mendatangkan pemain pertama asal Portugal. Dia adalah Abel Xavier dari rival Merseyside, Everton.

Sebagai pemain yang direkrut untuk paruh kedua musim 2001/02, Abel Xavier tampil cukup baik di mana ia bermain 15 kali di semua kompetisi.

Pemain nyentrik itu juga selalu starter di empat pertandingan perdana Liga Inggris 2002/03. Akan tetapi, ia kemudian ribut dengan pelatih Liverpool, Gerard Houllier, sehingga dipinggirkan dan kemudian dipinjamkan ke Galatasaray pada Januari 2003.

Kemudian, pada Agustus 2010, Liverpool mendatangkan pemain Portugal kedua bernama Raul Meireles. Sang gelandang tampil memuaskan di musim debutnya.

Meireles tercatat tampil sebanyak 41 kali di semua ajang 2010/11 di mana 33 laga terjadi di Liga Inggris. Dia juga membukukan lima gol. Lebih istimewa, ia menjadi pemain terbaik Liga Inggris versi fans.

Akan tetapi, Liverpool kembali dibuat kecewa oleh pemain Portugal. Pasalnya, Raul Meireles minta dijual ke Chelsea pada Agustus 2011 demi dilatih oleh pelatihnya di Porto, Andre Villas-Boas.

Setelah itu, pemain Liverpool ketiga dari Portugal bernama Joao Carlos Teixeira yang bergabung ke akademi pada 2012.

Sang pemain sayap kesulitan menembus tim utama di mana ia cuma bermain dua kali di liga sebelum hengkang pada 2016. Kariernya di Liverpool lebih banyak sebagai pemain pinjaman.

Berikutnya, Liverpool merekrut bek berusia 20 tahun, Tiago Ilori, dari Sporting CP pada 2013 dengan biaya 7 juta pound.

Bukannya bermain, Tiago Ilori justru menghabiskan empat tahun kariernya sebagai pemain pinjaman dari Liverpool, yakni ke Granada, Bordeaux, dan Aston Villa.

Paulo Manuel Neves Alves atau Paulinho tercatat sebagai pemain Portugal kelima di Liverpool. Bergabung di tim akademi pada 2015, ia tidak pernah berhasil menembus tim senior The Reds hingga akhirnya hengkang ke Wolves pada 2018.

Terakhir, pemain Portugal lain di akademi Liverpool, yakni Rafael Camacho, pada 2016. Sedikit beruntung ketimbang Paulinho, ia sempat memperkuat tim senior sebanyak dua kali sebelum dilepas ke Sporting CP pada 2019.

Bisa disimpulkan, Liverpool selalu gagal menikmati jasa pemain-pemain dari Portugal. Akankah Diogo Jota memberikan hal serupa dengan para pendahulunya?

LiverpoolRaul MeirelesTiago IloriLiga InggrisWolverhampton Wanderers (Wolves)Berita Liga InggrisDiogo Jota

Berita Terkini