x

5 Kiper Terlupakan yang Pernah Cetak Gol Selain Alisson Becker di Liga Inggris

Jumat, 21 Mei 2021 15:11 WIB
Editor: Juni Adi
Selebrasi gol Alisson Becker di laga West Brom vs Liverpool.

INDOSPORT.COM - Liverpool sukses meraih kemenangan dramatis atas West Bromwich Albion dalam laga lanjutan Liga Inggris pekan ke-36 pada Minggu (16/05/21) malam WIB.

Bermain di Stadion The Hawthoms, The Reds yang bertindak sebagai tamu menang dengan skor 1-2. Anak asuh Jurgen Klopp sempat tertinggal lebih dahulu melalui gol cantik Hal Robson-Kanu di menit ke-15. 

Butuh waktu cukup lagi bagi Liverpool untuk bisa menyamakan kedudukan. Mohamed Salah akhirnya memecah kebuntuan timnya pada menit ke-33. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Liverpool yang berambisi besar untuk meraih kemenangan guna menembus zona Liga Champions semakin gencar untuk melancarkan serangan.

Baca Juga
Baca Juga

Sederet peluang emas yang tercipta melalui Sadio Mane, Roberto Firmino, hingga Trent Alexander-Arnold belum bisa mengubah skor.

Skuad arahan Jurgen Klopp tampak frustrasi menembus barikade pertahanan West Brom yang menumpuk di kotak penalti. Apalagi gol Sadio Mane di pertengahan babak kedua dianulir wasit.

Saat semua orang berpikir pertandingan ini akan berakhir imbang, sebuah keajaiban datang. Liverpool berbalik unggul, setelah kiper mereka Alisson Becker mencetak gol.

Pemain asal Brasil itu membuat gol usai memutuskan untuk membantu serangan tim saat terjadi sepak pojok di menit ke-90+5.  Alexander-Arnold melepaskan umpan lambung dan disambut Alisson dengan sundulan.

Tak dinyana, tandukan Alisson dengan deras bersarang ke pojok kanan gawang lawan. Sontak, mantan kiper AS Roma itu kemudian dikerubungi seluruh pemain Liverpool di lapangan.

Namun, Alisson bukan kiper pertama yang berhasil mencetak gol di kompetisi Liga Inggris. Dia tercatat sebagai kiper ke-6 yang melakukannya. Siapa saja lima kiper yang lebih dahulu mencetak gol di Liga Inggris? berikut daftarnya:


1. Peter Schmeichel

Peter Schmeichel (kanan) dan Ole Gunnar Solskjaer saat masih di Manchester United 1997.

Peter Schmeichel merupakan kiper pertama yang mencetak gol sejak era Liga Primer Inggris. Catatan sejarah itu ia ciptakan saat ia masih memperkuat Aston Villa di musim 2001/02.

Kala itu Aston Villa bertemu dengan Everton. Butuh gol untuk menyamakan kedudukan, membuat Schmeichel maju saat di menit-menit terakhir babak kedua terjadi sepak pojok.

Tak disangka ia mencetak gol. Sayang, gol Schmeichel itu tak mampu menghindarkan Villa dari kekalahan. Aston Villa menyerah dengan skor 2-3 dalam pertandingan tersebut.

Baca Juga

Brad Friedel

Brad Friedel adalah salah satu kiper kawakan yang sudah lama berkarier di Liga Inggris. Pria asal Amerika Serikat itu sudah banyak memperkuat tim Inggris seperti Liverpool, Aston Villa, Tottenham hingga Blackburn Rovers.

Total Friedel telah mencatatkan 450 penampilan dengan raihan 132 clean sheets. Tak hanya lihat dalam menjaga gawang, dirinya juga ternyata punya keahlian untuk mencetak gol ke gawang lawan.

Gol itu tercipta kala Friedel membela Blackburn pada musim 2004/05. Dia mencetak gol dalam pertandingan melawan Charlton Athletic pada menit ke-90.

Paul Robinson

Mantan kiper Timnas Inggris yang banyak diingat sebagai salah satu kiper dengan blunder paling sering, Paul Robinson ternyata juga pernah membuat gol.

Aksi itu terjadi di musim 2006/07 saat masih memperkuat Tottenham Hotspur bersua lawan Watford. 

Robinson mencetak gol spektakuler lewat tendangan bebas dari jarak 88 meter. Gol itu membuat Tottenham menang dengan skor 3-1 di Stadion White Hart Lane.

Baca Juga

Tim Howard

Gagal menjadi kiper utama di Manchester United, membuat Tim Howard pindah ke Everton. Bersama The Toffees, penampilan Howard bangkit dan jadi kiper utama di sana.

Ia tangguh dan juga tajam. Ketajamannya pernah terbukti ketika ia mencetak gol saat melawan Bolton Wanderers di musim 2011/12.

Asmir Begovic

Kiper terakhir sebelum Alisson yang mencetak gol di Premier League adalah Asmir Begovic. Saat itu dia membela Stoke City.

Begovic mencetak gol ketika Stoke berhadapan dengan Southampton pada musim 2013/14. Kiper asal Bosnia itu mencetak gol dari tendangan dengan jarak jauh.

LiverpoolPeter SchmeichelLiga InggrisAlisson BeckerTRIVIA

Berita Terkini