x

Profil Klub Liga 1: Persipura Jayapura, Era Baru Tim Mutiara Hitam

Selasa, 24 Agustus 2021 13:50 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Herry Ibrahim
Profil Klub Liga 1, Persipura Jayapura.

INDOSPORT.COM - Persipura Jayapura menjadi salah satu kontestan Liga 1 2021 yang masih diperhitungkan untuk memberikan persaingan dalam perebutan trofi juara, meskipun persiapan mereka selama setahun tak berjalan mulus.

Selain sempat terhimpit masalah finansial di tengah badai pandemi Covid-19, klub peraih empat gelar juara Liga Indonesia (2005, 2009, 2011, 2013) itu juga mengalami perubahan yang cukup mengejutkan jagad sepak bola tanah air. Dua ikon klubnya selama 1 dekade lebih, Boaz Solossa dan Yustinus Pae resmi dilepas berapa waktu lalu.

Namun, sang pelatih Jacksen Tiago terus berpikir ekstra untuk menyiapkan skuatnya menuju kompetisi Liga 1 2021 yang menurut rencana akan digelar mulai 27 Agustus mendatang.

Baca Juga
Baca Juga

Klub asal Ibukota Provinsi Papua, Kota Jayapura itu memiliki sejumlah pemain baru yang akan menandai era baru mereka di kompetisi sepak bola kasta tertinggi Indonesia, setelah tak lagi diperkuat dua ikonnya, Boaz Solossa dan Yustinus Pae.

Jacksen Tiago tetap optimis dengan skuat yang ia miliki saat ini. Jacksen mengatakan sejauh ini persiapan timnya terus mengalami progres signifikan selama menjalani pemusatan latihan (TC) di Kota Batu, Malang, Jawa Timur.

"Progres sedang terjadi dalam tim kita setiap harinya. Peningkatan performa sedang dalam progres setiap kita latihan. Semua pemain dalam tim kita sudah kelihatan lebih nyaman bermain bersama tim, tanpa terkecuali," kata Jacksen kepada awak media olahraga INDOSPORT, belum lama ini.


1. Materi Pemain

Skuat Persipura Jayapura saat menjalani latihan di Malang.

Skuat Mutiara Hitam Persipura Jayapura 20 persen diperkuat oleh sejumlah wajah baru. Mulai dari pemain lokal hingga pemain asing didatangkan manajemen atas rekomendasi Jacksen Tiago untuk memperdalam skuat menuju kompetisi Liga 1 2021.

Untuk legiun asing, selain gelandang asal Jepang, Takuya Matsunaga, Persipura juga diperkuat dua pemain baru yakni striker asal Ukraina Yevhen Bokhashvili dan pemain bertahan asal Brasil, Henrique Motta.

Jacksen mendatangkan Yevhen dan Motta untuk memberikan penyegaran di lini depan dan pertahanan Persipura, setelah kepergian Sylvano Comvalius, Thiago Amaral dan Arthur Cunha.

Baca Juga
Baca Juga

Sementara dibarisan pemain lokal, manajemen kembali memulangkan Nelson Alom, Ferinando Pahabol, Ricky Kayame dan Elisa Basna. Mereka juga merekrut pemain muda binaan SSB lokal Kota Jayapura, Ramai Rumakiek dan Josua Isir, serta meminjam bek kiri asal Maluku milik Borneo FC, Irsan Lestaluhu.

Selain mendatangkan nama-nama baru, skuat Persipura juga masih akan diperkuat sejumlah wajah lama semisal Ricardo Salampessy, Ian Louis Kabes, Todd Rivaldo Ferre, Gunansar Mandowen, Israel Wamiau, Dede Sulaiman dan beberapa nama lainnya.

Tim Persipura di bawah arahan Jacksen Tiago  masih akan mengandalkan Todd Ferre, Ian Kabes, Gunansar Mandowen berkolaborasi dengan pemain baru untuk menghadirkan chemistry demi performa optimal di kompetisi Liga 1 2021.


2. Skuat Sementara

Todd Rivaldo Ferre diprediksi bakal tampil bersinar bersama skuat Persipura di musim 2021 ini.

Menjelang kompetisi Liga 1 2021, Jacksen Tiago sudah menyiapkan sebanyak 29 pemain yang akan memperkuat skuat Persipura.

"Jumlah pemain yang kami siapkan saat ini ada 29 orang," kata Jacksen.

Berikut daftar skuat lengkap Persipura:

Kiper: Dede Sulaiman, Gerri Mandagi, Fitri Dwi Rustapa, Mario Fabio Londok

Bek: Evraim Awes, Ricardo Salampessy, Israel Wamiau, Donny Monim, Brian Fatari, Kevin Rumakiek, Irsan Lestaluhu, Wulf Kluivert Sevchenko Horota, Henrique Motta

Tengah: Fridolin Yoku, Ian Louis Kabes, Takuya Matsunaga, Gunansar Mandowen, Ramai Rumakiek, Joshua Isir, Nelson Alom, Muhammad Tahir, Todd Rivaldo Ferre, Imanuel Rumbiak, Theofilo Numberi, Patrick Womsiwor

Depan: Elisa Basna, Ferinando Pahabol, Ricky Kayame, Yevhen Bokhashvili.

Baca Juga
Baca Juga

Pemain Bintang

Todd Rivaldo Ferre diprediksi bakal tampil bersinar bersama skuat Persipura di musim 2021 ini. Jacksen Tiago masih akan mengandalkan Todd Ferre sebagai juru gedor di lini tengah Persipura.

Pemain mungil yang pertama kali bergabung dengan skuat Mutiara Hitam sejak musim 2018 itu punya sejumlah kelebihan yang akan menjadi senjata mematikan.

Todd Ferre yang saat ini berusia 22 tahun punya kemampuan bagus dalam mendribble bola dan cakap melakukan eksekusi bola mati.

Gelandang muda kelahiran Sentani, Kabupaten Jayapura itu juga sudah dibekali jam terbang yang cukup. Apalagi, dia sempat bermain di Liga 2 Thailand memperkuat klub Lampang FC dengan status pinjaman.

Todd Ferre diharapkan menjadi penghubung bagi lini depan Persipura yang dihuni Yevhen Bokhashvili dan Ricky Kayame.

Boaz SolossaPersipura JayapuraJacksen F. TiagoLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Liga 1 2021

Berita Terkini